Nutrisi | Thursday 28 Apr 2022

4 Alasan Memberikan Susu Rendah Gula pada Si Kecil

Susu adalah salah satu jenis asupan yang penting untuk si Kecil. Tapi Bunda sudah tahu belum alasannya susu rendah gula jadi pilihan yang baik untuk mereka?

Jika dijelaskan dari awal, asupan nutrisi adalah hal utama dan terutama untuk banyak aspek kesehatan si Kecil. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, pertumbuhan hingga perkembangan mereka.

Asupan gula tentu juga jadi bagian yang sering ditemukan dalam asupan si Kecil setiap hari. Tentu ada manfaatnya bagi kesehatan si Kecil tapi jika berlebihan tentu jadi berisiko. Nah, susu adalah salah satu asupan yang dikonsumsi kebanyakan anak-anak bahkan untuk setiap hari. Sehingga jika asupan gulanya terlalu tinggi pada susu yang dikonsumsinya bisa jadi berdampak buruk untuk kesehatannya. Mulai dari kegemukan hingga obesitas, hingga risiko penyakit berat yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari saat usianya bertumbuh. Untuk itu dalam memilih susu, pemilihan susu rendah gula bisa jadi pilihan yang tepat sebagai asupan untuk si Kecil.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, asupan makanan dan minuman punya peran dan jadi kunci dalam kesehatan tubuh manusia termasuk si Kecil. Bunda tentu akan memilihkan asupan yang sehat dan bernutrisi, jangan lupa selipkan susu rendah gula dalam daftarnya ya Bun.

Susu rendah gula dapat memberikan nutrisi yang diberikan oleh susu tanpa memberikan tambahan kalori yang berlebihan akibat kelebihan asupan gula. Asupan gula yang berlebihan adalah salah satu penyebab meningkatnya angka obesitas pada anak-anak. Obesitas atau kegemukan pada si Kecil bisa meningkatkan risiko menderita berbagai penyakit saat usianya lebih tua nanti. Itu sebabnya penting untuk memilihkan susu rendah gula bagi si Kecil.

Susu rendah gula biasanya bisa mulai diberikan si Kecil saat mereka sudah mulai proses menyapih yang biasanya dilakukan pada usia 6 bulan sampai 2 tahun. Tapi beberapa kondisi juga jadi kendala beberapa Bunda untuk memberikan ASI sehingga diperlukan susu formula atau susu bubuk rendah gula sebagai pengganti.

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) memberikan susu formula sebagai pengganti ASI diperbolehkan dalam kondisi tertentu, yaitu:

  • Bayi menderita galaktosemia
  • Bayi mengalami maple syrup urine disease,
  • Ibu terinfeksi virus HIV,
  • Bagi ibu penderita CMV (cytomegalovirus), dan
  • Ibu menderita virus Corona.

Selain pemberian susu formula, tentu Bunda wajib untuk memastikan asupan nutrisi yang sehat untuk si Kecil setiap hari. Makanan yang harus dikonsumsi oleh si Kecil diantaranya yang mengandung protein hewani, protein nabati, sayur, buah dan karbohidrat serta sedikit lemak.

Pemberian susu rendah gula tentu bisa menjadi pelengkap gizi si Kecil pada masa emas pertumbuhannya. Susu formula bermanfaat memperkuat tulang dan otot, membantu proses tumbuh kembang anak serta meningkatkan kecerdasan.

4 Hal yang Bisa Dihindari Jika Membiasakan Susu Rendah Gula pada si Kecil

Bunda harus ingat ya jika gula adalah salah satu sumber energi yang diperlukan untuk tubuh. Tapi asupan gula ini banyak sekali ditemukan dalam makanan menu berat atau cemilan yang dimakan si Kecil. Oleh karenanya butuh opsi susu rendah gula sebagai asupan yang hampir setiap hari si Kecil konsumsi untuk mengurangi porsi gula yang diterima mereka dalam sehari. 

Pemberian susu rendah gula ini tentu dilakukan dengan maksud yang baik; yaitu menghindarkan si Kecil dari risiko buruk yang nantinya bisa berdampak pada kesehatannya sehingga proses tumbuh dan kembangnya bisa lebih maksimal.

Memang, apa saja yang bisa dihindari jika si Kecil kita biasakan minum susu rendah gula?

  1. Menghindarkan si Kecil dari kerusakan gigi

    Ketika si Kecil punya kebiasaan makan makanan atau minuman manis, sudah pasti akan ada risiko kerusakan gigi. Apalagi si Kecil kadang kala belum terlalu teliti dalam membersihkan giginya dengan teratur. Jika tidak dicegah, si Kecil bisa mengalami gigi berlubang di kemudian harinya. Pemberian susu rendah gula tentu bisa mencegah hal ini.

  2. Menghindarkan si Kecil dari penurunan daya ingat

    Konsumsi asupan gula yang berlebih pada si Kecil dapat memengaruhi kemampuan otak untuk dapat berfungsi dengan optimal. Hal ini tentu berkaitan dengan daya ingat dan konsentrasinya juga yang terganggu. Proses belajarnya jadi tidak bisa berproses dengan baik. Nah, kurangi asupan gula setiap hari dengan pemberian susu rendah gula ya Bun. 

  3. Menghindarkan si Kecil dari obesitas

    Selain asupan gula yang berlebihan, kurangnya aktivitas fisik juga jadi penyebab risiko kesehatan ini. Apalagi selain banyak asupan gula, si Kecil suka dengan makanan yang tidak sehat dan Bunda menurutinya. Pemberian susu rendah gula dan asupan sehat harus diutamakan ya Bun!

  4. Menghindarkan si Kecil dari penyakit diabetes

    Jika asupan gula yang berlebih ini dibiarkan semasa kecilnya, di usianya yang semakin tua dan dewasa, si Kecil punya risiko penyakit diabetes yang tidak terkontrol bahkan beriringan dengan risiko penyakit berat lainnya; mulai dari kerusakan saraf, fungsi ginjal yang terganggu, bahkan stroke. Susu rendah gula jadi salah satu langkah untuk menghindarkan si Kecil dari risiko penyakit berat.

Hal-Hal yang perlu Diperhatikan Saat Memilih Susu

Untuk membantu Bunda dalam menentukan susu rendah gula yang tepat untuk si Kecil, Bunda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Usia si Kecil

    Jangan asal pilih ya Bun. Pilih dengan bijak jenis susu rendah gula yang memang sesuai dengan usia si Kecil saat ini. Karena beda tingkatan usia tentu kandungan nutrisi di dalamnya juga berbeda disesuaikan dengan tingkat pencernaan, dan perkembangan si Kecil pada tiap usianya.

  • Kondisi si Kecil

    Jika pada dasarnya si Kecil ada alergi dengan susu sapi atau ada gangguan pencernaan untuk asupan laktase atau protein, Bunda bisa sesuaikan dan pilih jenis susu yang cocok buat si Kecil. Misalnya, susu kedelai atau susu almond sebagai penggantinya. 

  • Nutrisi yang terkandung

    Karena si Kecil sedang dalam usia emasnya, tentu proses tumbuh dan kembang mereka perlu didukung dengan asupan nutrisi supaya mereka bisa menangkap stimulasi dan berkembang dengan baik di tiap tahapannya. Bunda bisa cek nih, pastikan asupan nutrisi ini ada ya pada susu rendah gula pilihan Bunda untuk si Kecil:

    • Protein
    • Omega 3
    • Omega 6
    • Vitamin
    • Mineral
    • Kalsium
    • Zat besi
    • Zinc
  • Rasa susu

    Wajar sekali Bun jika si Kecil pemilih dengan makanan atau minuman yang dikonsumsinya. Bunda perlu pilihkan rasa susu rendah gula yang paling terbaik dan aman supaya si Kecil bisa menikmati waktu minum susunya ya.

Setelah memperhatikan beberapa hal di atas terkait susu rendah gula untuk si Kecil, Bunda bisa jadikan Susu Bendera 1Plus sebagai pilihan nutrisi pendukung agar si Kecil tumbuh lebih mandiri, aktif, dan cekatan. Susu Bendera 1Plus hadir dengan GIZZICOMPLI yang lengkap dengan protein, omega 3, omega 6, Minyak Ikan, 13 vitamin dan 8 mineral untuk bantu dukung tumbuh kembang si kecil. Apalagi tersedia dengan rasa madu yang tentu disukai oleh anak-anak.

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

7 Manfaat Vitamin D yang Penting Bagi Kesehatan Tu...

Lihat

Apa Saja Fungsi Kalsium dalam Tumbuh Kembang Anak?

Lihat

Jaga Kesehatan dengan 10 Makanan yang Mengandung P...

Lihat

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Lihat

8 Manfaat Susu Tinggi Protein Bagi Pertumbuhan Ana...

Lihat