Tumbuh Kembang | Tuesday 12 Apr 2022

Alami dan Sehat, Begini Cara Tumbuh Tinggi Anak yang Aktif

Mungkin banyak di antara Bunda yang ingin tahu cara tumbuh tinggi untuk anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Meskipun tinggi badan anak dipengaruhi oleh faktor genetik (keturunan), sebenarnya Bunda tetap bisa melakukan beberapa cara tumbuh tinggi kepada si Kecil. Sebab, cara tumbuh tinggi juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, nutrisi, dan stimulasi yang Ibu berikan sejak dini. 

Maka dari itu, Bunda harus mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, terutama di 2 tahun pertama kehidupannya. Ini karena 2 tahun pertama kehidupan anak merupakan masa golden age, di mana perkembangan otak dan fisik si Kecil sedang berkembang sangat pesat sehingga harus dioptimalkan dengan baik.

Bunda tidak perlu khawatir karena cara tumbuh tinggi ini bisa dilakukan dengan mudah dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dilakukan setiap hari. Yuk, intip beberapa cara tumbuh tinggi secara alami dan sehat di bawah ini. 

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi sejak dini

    Cara tumbuh tinggi yang sangat penting yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil sejak dini. Dalam hal ini, Bunda harus memberikan nutrisi yang berkualitas dan seimbang, mulai dari asupan ASI, susu pertumbuhan yang tepat, serta makanan padat yang dikonsumsi si Kecil.

    Untuk mengoptimalkan cara tumbuh tinggi si Kecil, sebaiknya Bunda menyeimbangkan antara nutrisi makro dan nutrisi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil dalam masa tumbuh kembang, antara lain:

    • Protein

      Protein merupakan nutrisi makro yang berperan penting untuk memaksimalkan cara tumbuh tinggi si Kecil. Ini karena protein berfungsi untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, mengoptimalkan hormon pertumbuhan, memperkuat tulang dan otot, dan lain sebagainya. 

      Sebagai salah satu cara tumbuh tinggi yang sehat, anak-anak yang berusia 1-3 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi protein 20 gram per hari. Ketentuan ini sudah berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI. 

      Bunda pasti ingin melakukan cara tumbuh tinggi ini dengan benar, kan? Tenang saja ya, Bunda bisa memberikan si Kecil makanan tinggi protein, seperti susu, telur, ikan, daging sapi, kambing, domba, ayam, dan lain-lain. Nah, susu Susu Bendera 1Plus bisa jadi pilihan tepat sebagai salah satu cara tumbuh tinggi karena mengandung protein serta berbagai nutrisi penting lainnya. 

    • Kalsium

      Selain protein, pemberian kalsium juga bisa menjadi salah satu cara tumbuh tinggi, Bun. Kalsium termasuk mineral yang penting untuk membangun kesehatan tulang dan gigi. Jika si Kecil kekurangan kalsium dalam jumlah banyak dan jangka waktu yang lama, maka bisa meningkatkan risiko gangguan pertumbuhan. 

      Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk mendukung pergerakan otot, menjaga kesehatan jantung, dan mendukung tumbuh kembang si Kecil. Bunda bisa mendapatkan kalsium dari Susu Bendera 1Plus serta produk olahan susu seperti keju dan yoghurt. 

    • Vitamin D

      Tahukah Bunda ternyata kalsium dan vitamin D ibarat ‘pasangan’ yang sebaiknya tidak dipisahkan lho. Vitamin D berperan untuk mempermudah penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga si Kecil juga perlu mengonsumsi asupan vitamin D secara tepat sebagai salah satu cara tumbuh tinggi. 

      Sama seperti protein dan kalsium, Bunda bisa dengan mudah mendapatkan vitamin D dari makanan sehari-hari, seperti susu, ikan, minyak ikan, kuning telur, sereal, oatmeal, dan lain sebagainya. Bunda bisa mendapatkan manfaat vitamin D dalam Susu Bendera 1Plus sebagai salah satu cara tumbuh tinggi yang lebih sehat. 

    • Zat besi

      Nutrisi selanjutnya yang mendukung cara tumbuh tinggi yaitu zat besi. Mineral yang satu ini dibutuhkan oleh seluruh jaringan tubuh anak untuk produksi darah dan pembentukan otot. Kekurangan zat besi bisa meningkatkan risiko terhambatnya pertumbuhan si Kecil dan anemia. 

      Supaya si Kecil tidak kekurangan zat besi, Bunda bisa menyajikan sayuran hijau, daging sapi, ayam, makanan laut (seafood) ke dalam menu harian si Kecil. Bunda bisa mendapatkan asupan zat besi dalam Susu Bendera 1Plus yang dapat membantu mengoptimalkan cara tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun. 

      Selain nutrisi yang telah disebutkan di atas, Bunda juga perlu memberikan nutrisi lain yang tak kalah penting, seperti karbohidrat, omega 3, omega 6, serat, vitamin B12, vitamin E, zinc, serta berbagai vitamin dan mineral lain yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. 

    Baca juga: Cara Menambah Tinggi Badan Anak dengan Susu Pertumbuhan

  2. Tidur dan istirahat cukup

    Cara tumbuh tinggi anak-anak juga dipengaruhi oleh waktu tidur dan istirahatnya lho, Bun. Ini karena saat si Kecil tidur, hormon pertumbuhan akan bekerja lebih maksimal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Dengan memiliki tidur yang cukup maka penyerapan asupan makanan pada tubuh juga dapat diserap maksimal. Membiasakan anak untuk tidur tidak larut malam baik lho untuk kesehatan, Bu. Selain itu juga mendukung agar tubuhnya dapat berproses dengan optimal.

  3. Rutin melakukan aktivitas fisik

    Cara tumbuh tinggi selanjutnya yang bisa Bunda lakukan yaitu membiasakan si Kecil melakukan aktivitas fisik secara rutin. Aktivitas fisik ini banyak ragamnya ya Bun, mulai dari bermain bola basket, renang, bersepeda, lompat tali, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengajak si Kecil melakukan aktivitas fisik di akhir pekan saat sedang santai. Pastikan aktivitas fisik tersebut sesuai dengan kemampuan si Kecil dan lakukan dengan nyaman dan aman. 

  4. Minum susu pertumbuhan

    Seperti yang sudah disebutkan ya Bun, salah satu cara tumbuh tinggi agar lebih optimal yaitu dengan membiasakan minum susu pertumbuhan sejak dini. Sebab, susu pertumbuhan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun dan memperkuat tulang serta otot si Kecil.

    Tak heran kalau susu pertumbuhan jadi pilihan sebagian besar Bunda untuk mendukung cara tumbuh tinggi anak-anaknya. Nah, Bunda bisa lho memilih Susu Bendera 1Plus untuk membantu mengoptimalkan tinggi badan dan tumbuh kembang si Kecil. 

Susu Bendera 1Plus mengandung GIZZICOMPLI yang diperkaya dengan minyak ikan, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), protein, vitamin D, kalsium, seng, zat besi, vitamin C, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya. Selain kaya akan nutrisi, Susu Bendera 1Plus hadir dengan rasa madu yang pastinya disukai anak-anak, serta harga yang lebih ekonomis. 

Dengan memaksimalkan cara tumbuh tinggi di atas, diharapkan Bunda dapat memberikan yang terbaik untuk si Kecil agar tumbuh kembangnya lebih maksimal. Sebaiknya lakukan berbagai cara tumbuh tinggi yang alami dan hindari pemberian obat-obatan atau suplemen peninggi badan tanpa anjuran dari dokter. 

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Mitos dan Fakta Perkembangan Anak Usia Dini

Lihat

Perkembangan Kognitif Si Kecil di Usia 4-6 Tahun

Lihat

4 Manfaat Vitamin untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Lihat

Pentingnya GIZZICOMPLI dalam Kandungan Susu Pertum...

Lihat

Susu Penambah Tinggi Badan, Efektifkah untuk Anak?

Lihat