Nutrisi | Friday 29 Apr 2022

7 Manfaat Vitamin D yang Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat vitamin D diperlukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Manfaat vitamin D ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Selain berguna untuk kesehatan tulang, ada banyak manfaat vitamin D yang bisa dirasakan oleh tubuh. Mulai dari mengatur kadar kalsium, sampai mencegah sejumlah penyakit serius.

Meski lebih sering disebut sebagai vitamin, vitamin D sebenarnya bukan semata-mata vitamin. Manfaat vitamin D justru dianggap sebagai pro-hormon. Sebagaimana diketahui, vitamin adalah nutrisi yang harus diperoleh melalui makanan atau suplemen, karena tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Namun, vitamin D mampu diproduksi oleh tubuh manusia dari sinar matahari (sinar UV) yang diserap kulit.

Kebutuhan harian vitamin D pada setiap orang berbeda-beda. Manfaat vitamin D bergantung dengan jenis kelamin dan usianya. Di bawah ini daftar kecukupan vitamin D yang dicatat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Indonesia tahun 2019:

  • Bayi 1 bulan-11 bulan: 10 mikrogram per hari
  • Anak-anak 1-9 tahun: 15 mikrogram per hari
  • Laki-laki 10-64 tahun: 15 mikrogram per hari
  • Laki-laki 65 tahun ke atas: 20 mikrogram per hari
  • Perempuan 10-64 tahun: 15 mikrogram per hari
  • Perempuan 65 tahun ke atas: 20 mikrogram per hari

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh

Manfaat vitamin D paling dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam mencegah tubuh dari berbagai penyakit kronis. Inilah beragam manfaat vitamin D yang perlu Bunda ketahui.

1. Membantu menjaga kesehatan tulang dan otot

Tubuh kita, khususnya anak-anak, membutuhkan manfaat vitamin D untuk penyerapan kalsium. Mineral kalsium merupakan nutrisi utama penyusun tulang sehingga membuat tulang kuat dan mengurangi risiko patah tulang. Kurangnya asupan vitamin D yang cukup membuat seseorang tidak bisa membentuk hormon kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan. 

Dalam kondisi ini, tubuh akan mengambil persedian kalsium dari tulang dan berakibat tulang menjadi lemah dan berakibat pada penyakit tulang seperti osteoporosis dan rakitis. Agar tidak terjadi, penuhilah kebutuhan asupan vitamin D. Manfaat vitamin D ini akan menurunkan risiko terkena patah tulang jika dikombinasikan dengan kalsium.

2. Membantu cegah penyakit autoimun

Akhir-akhir ini sudah banyak penelitian yang menghubungkan vitamin D dan perannya pada berbagai macam penyakit. Itu berarti manfaat vitamin D ini tidak untuk tulang dan otot saja. Penyakit autoimun seperti multiple sclerosis yang lebih banyak terjadi pada perempuan diketahui berkaitan dengan kadar vitamin D yang rendah. Vitamin D juga berperan sebagai imunosupresan pada rheumatoid arthritis (rematik). Vitamin D juga bermanfaat agar sistem imun dalam tubuh manusia berfungsi secara normal untuk melawan beberapa macam penyakit.

3. Membantu mencegah gangguan suasana hati

Ternyata, manfaat vitamin D juga dapat membantu mencegah gejala yang terkait dengan gangguan suasana hati. Memang, kaitan antara vitamin D dan depresi bukan berupa sebab-akibat. Meski begitu, keduanya bisa saling berpengaruh. Manfaat vitamin D untuk kesehatan mental ini sudah banyak dibuktikan, salah satunya penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang depresi yang menerima suplemen vitamin D mengalami perbaikan pada gejala mereka.

Studi lain menunjukkan bahwa defisiensi vitamin D banyak ditemui pada orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan dan depresi. Pasien yang memiliki gangguan suasana hati kerap disarankan untuk beraktivitas di luar rumah agar bisa mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari.

4. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium juga berperan dalam menjaga kesehatan mulut. Vitamin D dapat menurunkan risiko kesehatan gigi dan gusi dengan membantu metabolisme tulang. Selain itu, vitamin D juga berperan sebagai agen antiperadangan dan merangsang produksi senyawa antimikroba.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kekurangan manfaat vitamin D dapat meningkatkan risiko obesitas, Bunda. Menurut sebuah studi, orang yang kelebihan berat badan dan rutin diberi asupan kalsium dan vitamin D lebih efisien dalam menurunkan berat badan. Kombinasi kalsium dan vitamin D dapat menurunkan nafsu makan berlebihan pada orang dengan obesitas.

6. Menjaga daya tahan tubuh

Bunda, manfaat vitamin D yang cukup vital lainnya yakni mendukung daya tahan tubuh. Vitamin D dapat membantu imun saat tubuh menghadapi infeksi bakteri dan virus berbahaya. Para peneliti telah membuktikan peran manfaat vitamin D tersebut, terutama dalam infeksi virus influenza hingga corona.

7. Menunjang kesehatan anak

Anak-anak yang kekurangan vitamin D tekanan darahnya bisa meningkat. Kekurangan vitamin D membuat dinding arteri anak-anak jadi lebih kaku, sehingga risiko darah tinggi jadi meningkat. Selain itu, kekurangan vitamin D pada anak juga meningkatkan risiko alergi. Manfaat vitamin D bagi tubuh anak-anak yang tak kalah penting adalah membantu mengatasi peradagan.


Makanan yang Mengandung Vitamin D

Jika Bunda memiliki kekhawatiran anak-anak tidak mendapatkan cukup manfaat vitamin D dari sinar matahari langsung, Bunda bisa memberikan beberapa makanan sumber vitamin D berikut ini kepada si Kecil:

Ikan berminyak

Ikan berminyak, serta minyak dari ikan, memiliki manfaat vitamin D yang cukup tinggi. Beberapa ikan dan minyak ikan yang dimaksud adalah:

  • Minyak hati ikan kod. Ini mengandung 450 IU vitamin D per sendok teh, yaitu 75 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.
  • Ikan haring. Ini mengandung 306 IU per fillet (setelah dimasak), yaitu 51 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.
  • Ikan salmon. Satu porsi atau 100 gram salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D, atau 66 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Jamur

Jika si Kecil tidak menyukai ikan, jamur tertentu dapat menjadi pilihan sumber vitamin D terbaik. Beberapa jenis jamur mengandung manfaat vitamin D dalam jumlah tinggi, yaitu:

  • Jamur maitake mentah, mengandung 562 IU per 50 gram, yaitu 94 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.
  • Jamur shiitake kering. Ini mengandung 77 IU per 50 gram, yaitu 12 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.
  • Jamur portobello. Ini mengandung 568 IU per 50 gram, yaitu 95 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Kuning telur

Telur adalah makanan sumber vitamin D lain yang baik, serta makanan bergizi yang luar biasa. Sementara sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya, lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur. Salah satu kandungan vitamin yang terdapat dalam kuning telur adalah vitamin D. Dalam hidangan orak-arik telur dengan mengggunakan dua telur ayam berukuran besar, terkandung 88 IU yang merupakan 15 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.


Selain fokus pada stimulasi dari luar, Bunda juga perlu memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada si Kecil agar tumbuh kembang si Kecil optimal. Nah, Susu Bendera 3Plus  bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

4 Alasan Memberikan Susu Rendah Gula pada Si Kecil

Lihat

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Lihat

9 Makanan Omega 3 Agar Anak Mandiri, Aktif, dan Ce...

Lihat

4 Panduan Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas...

Lihat

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak Mandiri, Aktif, d...

Lihat