Stimulasi | Tuesday 28 Jun 2022

7 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak

Mainan edukasi anak, bisa jadi media yang membantu para orang tua di masa modern saat ini. Semakin modern, teknologi juga akan semakin berkembang dengan sangat masif. Hal ini tentu punya keuntungan dan juga kekurangan untuk perkembangan dan pertumbuhan si Kecil. Mereka harus diarahkan dengan tepat di tengah paparan informasi dan teknologi di sekitar mereka. Jangan sampai, mainan yang harusnya jadi alat bantu mereka bermain dan belajar, teralihkan dengan gadget atau layar elektronik lainnya.

Perlu kita terima kenyataannya jika di zaman sekarang ini banyak anak-anak yang lebih ketagihan bermain smartphone dari pada mainan biasa. Makanya Bun, aturan screen time memang sangat perlu ditegakkan dan diterapkan pada si Kecil. Coba biasakan untuk ajak mereka bermain dengan mainan edukasi anak karena dapat membuat si Kecil tetap aktif serta mendukung proses tumbuh kembangnya dari hari ke hari.

Jangan lupa ya Bun, usia si Kecil jadi pertimbangan juga saat memilihkan mainan edukasi anak. Karena tiap usia punya pemahaman dan kemampuan yang berbeda. Jangan sampai salah memilihkan mainan edukasi anak karena ada risiko berbahaya yang bisa terjadi. Misalnya puzzle dengan potongan yang sangat kecil mungkin belum bisa diberikan kepada anak umur 1-3 tahun. Bisa jadi mereka malah memasukkan potongan puzzle ke mulut apalagi jika Bunda tidak mengawasi mereka saat bermain.

Supaya Bunda bisa memilihkan mainan edukasi anak yang tepat dan sesuai dengan usia si Kecil, mari lihat beberapa jenisnya berikut ini ya.

Rekomendasi Jenis Mainan Edukasi Anak


  1. Bola warna-warni

    Mainan edukasi anak ini cocok untuk si Kecil yang berusia 1-3 tahun. Pilihlah jenis bola yang bahannya lembut dari plastik atau karet sehingga tidak berbahaya jika si Kecil melempar atau memainkannya. Pilih dengan ragam warna-warni supaya mereka bisa mengenal warna, bisa juga menstimulasi mereka untuk lebih lancar berjalan, berlari dan melompat.


  2. Buku

    Buku adalah mainan edukasi anak yang bisa merangsang stimulasi visual si Kecil. Dari buku juga si Kecil bisa mendapatkan banyak kosakata baru dari mencoba membacanya sendiri atau saat dibacakan oleh orang tua atau orang yang lebih dewasa. Selain itu saat ini banyak buku cerita yang dilengkapi dengan stimulasi indera perasa sehingga si Kecil bisa mengenal warna, tekstur dan juga bentuk.

    Tidak hanya buku cerita ya Bun, buku mewarnai atau gambar juga bisa jadi opsi mainan edukasi anak yang baik. Si Kecil bisa belajar menulis, menggambar, bahkan fokus dan berkonsentrasi saat menggunakannya.

    Baik buku cerita atau gambar bisa Bunda berikan kepada si Kecil sejak umur satu hingga tiga tahun ke atas lho.


  3. Mainan peralatan musik

    Peralatan musik mainan bisa jadi mainan edukasi anak selanjutnya. Berikan drum untuk mereka tepuk atau pukul, atau berikan keyboard mainan untuk mereka tekan. Ini menstimulasi kemampuan mereka dalam mempelajari ritme dan nada. Berikan jenis mainan ini sejak usia 1-3 tahun ya Bun.


  4. Mainan blok

    Mainan edukasi anak jenis ini bisa memancing kreativitas si Kecil untuk membuat bentuk sesuai dengan imajinasinya. Mainan edukasi anak jenis ini bagus untuk membantu si Kecil untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar. Pastikan ukurannya tidak terlalu kecil sehingga menghindari risiko terinjak atau tertelan ya Bun.


  5. Puzzle

    Puzzle di sini bukan yang berupa potongan kecil atau mungkin jigsaw ya Bun. Berikan puzzle yang terbuat dari blok kayu atau plastik, bisa juga puzzle gambar namun dengan potongan gambar yang besar. Dengan memperbaiki dan membentuk gambar lewat potongan-potongan puzzle, ini bisa meningkatkan daya ingat dan imajinasi si Kecil. Bonusnya, ini melatih kesabaran mereka juga lho, Bun.


  6. Permainan masak-masakan

    Untuk si Kecil yang berusia 2-3 tahun mungkin usia yang tepat untuk bermain jenis mainan yang ini. Denga jenis mainan ini, imajinasi mereka dari memperhatikan Bunda memasak atau menyiapkan makanan mereka bisa terealisasi dengan lebih tepat. Lengkapi juga dengan mainan yang berbentuk seperti makanan. Jenis mainan ini bagus karena biasanya terdiri dari banyak kombinasi warna dan mengenalkan mereka jika kebiasaan untuk makan makanan sehat sangat baik untuk kesehatan.

Jangan lupa ya Bun, seimbangan pemberian mainan edukasi anak dengan aktivitas fisik. Bunda bisa mengajak si Kecil bermain di luar rumah untuk perkembangan fisik mereka. Bisa dimulai dengan rutin mengajak mereka jalan pagi atau sore di lingkungan sekitar rumah. Seiring bertumbuhnya usia, mereka akan bisa main bersama teman-temannya, berlari, melempar bahkan menendang.


Kombinasikan aktivitas di luar ini dengan olahraga yang bisa dilakukan si Kecil. Permainan olahraga seperti basket dengan ring bola yang pendek, lempar bola, sepeda, dapat melatih koordinasi otak, tangan dan kaki si Kecil. Selain itu bisa juga melatih keseimbangan dan gerak motorik mereka, sekaligus menghindarkan mereka dari obesitas di kemudian hari.

Manfaat Mainan Edukasi Anak

Jangan hanya lihat nilai dari waktu bermain dengan mainan edukasi anak hanya sebatas pada makna 'main' nya ya Bun. Lebih dari pada itu, mainan edukasi anak membantu pengoptimalan mereka dalam bertumbuh dan berkembang di usia emasnya. Mari kita simak masing-masing dari manfaatnya:

  • Membangun kreativitas si Kecil

    Dalam awal pertumbuhan mereka, si Kecil perlu untuk dikenalkan dengan warna, suara, tekstur maupun bentuk. Unsur-unsur ini dapat ditemukan di mainan edukasi anak. Lebih dari itu, dengan bimbingan Bunda saat si Kecil bermain, imajinasi dan kreativitas mereka akan semakin terbangun dengan baik.

  • Membentuk kemampuan si Kecil dalam memecahkan masalah

    Mainan edukasi anak seperti puzzle dan lain-lain akan memancing si Kecil untuk berpikir dan mencari solusi dari sebuah masalah. Mereka akan terbiasa untuk berkonsentrasi dan bersabar. Selain itu mereka mampu mengidentifikasi jenis masalah dan memaksimalkan daya memori atau ingatan mereka. Pemecahan masalah tentu jadi aspek yang penting untuk kehidupan si Kecil di masa mendatang.

  • Meningkatkan kemampuan motorik si Kecil

    Dengan mainan edukasi anak yang melatih koordinasi mata dengan tangan, bermain alat musik, melatih menulis dan menggambar tentu bisa meningkatkan aspek motorik si Kecil dalam perkembangannya.

  • Melatih kemampuan bersosialisasi si Kecil

    Mainan edukasi anak tentu bisa dimainkan bersama dan tidak hanya sendiri. Sehingga dengan mengajak si Kecil main bersama atau dengan keluarga dan teman sebayanya bisa mengenalkan mereka cara untuk bekerja sama, membangun kepercayaan diri serta bagaimana mereka berkomunikasi dengan orang lain.

  • Menumbuhkan kecerdasan emosional si Kecil

    Lanjut dari poin sebelumnya, dengan bermain bersama orang lain, si Kecil akan belajar mengenal perasaan yang positif atau negatif. Perasaan positif yang dimaksud adalah ketika ia menikmati permainan bersama dengan canda, humor atau tawa. Tapi mereka juga belajar mengolah perasaan negatif mereka seperti saat kalah, tidak sabar atau bahkan menangis.

Selain pemberian mainan edukasi anak pada si Kecil, pemenuhan nutrisi mereka juga jadi hal yang penting. Selain asupan makanan sehat, Bunda bisa memberikan si Kecil Susu Bendera 1Plus sebagai nutrisi pendukung agar si Kecil tumbuh lebih mandiri, aktif, dan cekatan. Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun. 

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

7 Tips Memilih Mainan Edukasi Anak 2 Tahun dan Rek...

Lihat