Stimulasi | Tuesday 28 Jun 2022

7 Tips Memilih Mainan Edukasi Anak 2 Tahun dan Rekomendasinya

Sekarang mainan edukasi anak 2 tahun sudah bervariasi dan banyak jenisnya ya, Bun? Sisi positifnya, Bunda jadi lebih mudah memilih mainan yang cocok. Namun, hal ini pun bisa jadi tantangan bagi Bunda karena tidak boleh memilih mainan yang sembarangan. 

Di usia 2 tahun, si Kecil sedang memasuki masa golden age, yaitu periode saat tumbuh kembang si Kecil sedang berkembang sangat pesat sehingga sangat berpengaruh terhadap masa depannya kelak. Maka dari itu, penting bagi Bunda memilih mainan edukasi anak 2 tahun yang tepat agar dapat menstimulasi dengan baik.

Tips Memilih Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Dalam memilih mainan edukasi anak 2 tahun, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan agar tidak keliru sebelum membeli, antara lain:

  1. Baca label kemasan

    Sebelum membeli mainan edukasi anak 2 tahun yang menggemaskan, perhatikan dulu label kemasannya ya, Bun. Biasanya sebagian besar produsen mainan mencantumkan peringatan penggunaan dan usia anak yang disarankan. 

  2. Perhatikan bahan dan kualitas mainan

    Mungkin Bunda sering melihat mainan edukasi anak 2 tahun yang lucu dan menarik, namun terkadang sebagian orang tua tidak memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Bagaimana jika mainan tersebut terbuat dari bahan yang berbahaya atau beracun? Oleh karena itu, Bunda harus lebih cermat sebelum membeli mainan edukasi anak 2 tahun. Mungkin Bunda bisa memilih mainan yang berbahan dasar kayu. 

  3. Pilih mainan yang sudah berlabel SNI

    Mainan edukasi anak 2 tahun sudah banyak jenisnya, namun tak semuanya memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Label ini menjadi tanda bahwa mainan tersebut sudah melalui pengujian.

  4. Hindari mainan listrik, baterai, dan magnet

    Terkadang mainan listrik, baterai, atau magnet memang terlihat lebih menarik. Namun, nyatanya mainan jenis ini bisa berbahaya bagi anak usia 2 tahun. Pasalnya, si Kecil masih belum paham cara bermain yang aman, sehingga jika ia main mainan listrik bisa berisiko tersengat atau hal-hal berbahaya lainnya. 

  5. Hindari mainan tembak-tembakan

    Sama seperti mainan listrik, terkadang mainan tembak-tembakan jauh lebih menarik untuk anak laki-laki. Namun, mainan tembak-tembakan, panah, dan sejenisnya justru bisa meningkatkan risiko cedera pada mata maupun tersedak. Bunda juga harus menghindari mainan yang mengeluarkan api atau zat kimia. 

  6. Hindari mainan berukuran kecil

    Rasa penasaran anak usia 2 tahun sedang tinggi, sehingga Bunda harus lebih hati-hati memilih mainan yang tepat. Hindari mainan berukuran kecil karena bisa jadi si Kecil memasukkannya ke dalam mulut dan menyebabkan tertelan. 

  7. Pilih mainan yang tepat

    Supaya Bunda tidak salah pilih saat membeli mainan edukasi anak 2 tahun, berikut ini kriteria mainan yang aman:

    • Untuk mainan yang terbuat dari kain, sebaiknya pilih yang berlabel tahan api.
    • Untuk boneka, sebaiknya pilih bahan yang mudah dicuci.
    • Jika mainan dicat, pastikan cat yang digunakan bebas dari bahan berbahaya atau timbal.
    • Untuk alat lukis anak, pastikan bahannya bebas dari zat beracun.
    • Jika ada mainan tua atau bekas, Bunda perlu memeriksa kembali apakah masih sesuai standar keamanan dan kesehatan saat ini. 
    • Untuk mainan berbunyi, pastikan suara yang ditimbulkan tidak terlalu kencang. Jika Bunda memilih mainan jenis ini, jangan berikan si Kecil mendekatkan mainan tersebut ke telinganya ya, Bun. 

    Baca juga: 5 Tips Agar Tumbuh Kembang Anak Lebih Mandiri dan Aktif

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 2 Tahun yang Aman

Setelah mengetahui tips memilih mainan yang aman, sekarang saatnya Bunda simak beberapa rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa dimainkan si Kecil, di antaranya:

  1. Buku


    Buku termasuk mainan edukasi anak 2 tahun yang memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan kemampuan bahasa, mendukung perkembangan otak, menambah kosakata, meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir, menjalin hubungan yang lebih dekat antara Bunda dan buah hati, serta manfaat lainnya. 

  2. Mainan balok susun


    Bunda juga bisa memilih mainan balok susun berwarna-warni sebagai salah satu mainan edukasi anak 2 tahun yang menyenangkan. Saat ini mainan balok susun sudah banyak jenisnya, mulai dari bentuk yang kecil hingga besar, Bunda bisa memberikan si Kecil mainan ini sesuai selera. 

    Selain itu, Bunda juga bisa memberikan ia mainan yang berbentuk angka, huruf, hewan, dan bentuk lainnya. Mainan edukasi anak 2 tahun ini bermanfaat untuk melatih koordinasi, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan kemampuan berpikir, melatih kesabaran, dan lain-lain. 

    Baca juga: Yuk, Lakukan 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini 

  3. Mainan alat musik


    Mainan edukasi anak 2 tahun yang selanjutnya yaitu mainan alat musik, seperti kolintang, drum, gitar mini, piano, dan lain-lain. Selain menyenangkan, mainan ini bermanfaat untuk meningkatkan indra pendengaran, melatih kemampuan motorik dan kognitif, meningkatkan kemampuan berbicara, dan sebagai media untuk mengenalkan alat-alat musik. Dengan mengenalkan mainan ini sejak dini, Bunda bisa saja melihat ketertarikan si Kecil terhadap salah satu alat musik yang bisa ia mainkan di masa depan. 

  4. Puzzle


    Mainan edukasi anak 2 tahun yang sayang dilewatkan yaitu puzzle. Bunda pasti tahu kan kalau mainan yang satu ini menyimpan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak? Yup! Puzzle bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir, mengasah kemampuan problem solving, melatih kemampuan motorik, dan lain sebagainya. 

    Untuk anak usia 2 tahun, sebaiknya Bunda memberikan si Kecil puzzle yang berukuran besar dulu. Setelah dia terbiasa, Bunda bisa memberikan puzzle berukuran sedang agar lebih menantang. 

  5. Mainan profesi


    Rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun yang tak kalah penting yaitu perlengkapan profesi atau peran, seperti dokter, polisi, koki, pemadam kebakaran, superhero, dan lain-lain. Jenis mainan ini bisa jadi media untuk mengenalkan berbagai profesi kepada si Kecil. Dengan begitu, ia akan terbayang mengenai pekerjaan yang umum dilakukan sebagian orang. 

    Selain itu, mainan edukasi anak 2 tahun ini pun bermanfaat sampai jangka panjang karena si Kecil memiliki imajinasi tentang profesi seperti apa yang ia inginkan di masa depan. Supaya mainan edukasi anak 2 tahun ini lebih seru, Bunda bisa bermain bersama si Kecil. Misalnya, Bunda bisa berperan sebagai pasien, sedangkan si Kecil sebagai dokter. 

    Baca juga: Cara Mendidik Anak Agar Lebih Mandiri Saat Makan

  6. Balance bike 


    Balance bike termasuk mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil lho, Bun. Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya untuk melatih koordinasi, keseimbangan, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta membangun hubungan yang lebih dekat antara Bunda dan anak. Saat ini balance bike sudah banyak variasi dan jenisnya, pastikan Bunda memilih balance bike yang sesuai dengan usia si Kecil. 

Apapun jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang si Kecil mainkan, Bunda tetap harus selalu menemani dan memantaunya saat sedang bermain agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. 

Selain menstimulasi si Kecil melalui mainan, Bunda juga tetap perlu memenuhi asupan nutrisi hariannya agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Susu Bendera 1Plus termasuk asupan nutrisi berkualitas karena mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. Dengan mengonsumsi Susu Bendera 1Plus secara rutin, si Kecil akan tumbuh lebih mandiri, aktif, dan cekatan.

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun. 



Source:

https://www.alodokter.com/bunda-ini-panduan-memilih-mainan-yang-aman-untuk-anak

https://www.sehatq.com/artikel/rekomendasi-mainan-edukasi-anak-2-tahun-yang-bisa-anda-pilih

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

7 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak

Lihat