Kecerdasan | Tuesday 28 Jun 2022

9 Cara Menjadi Pintar untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Bunda pasti ingin melihat si Kecil tumbuh cerdas, kan? Sebenarnya ada banyak cara menjadi pintar yang bisa Bunda terapkan kepada si Kecil sejak dini. Hal ini sudah pasti penting karena berpengaruh terhadap masa depan si Kecil saat dewasa kelak. Sebab, kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya faktor genetik (keturunan) dan lingkungan.

Faktor keturunan (genetik) berupa bakat atau kemampuan yang diturunkan langsung dari orang tua, sedangkan faktor lingkungan umumnya terdiri dari pola asuh orang tua, asupan nutrisi, pendidikan, dan hal-hal lainnya. Maka dari itu, Bunda perlu mengetahui cara menjadi pintar bagi anak usia 1-3 tahun. 

Tips dan Cara Menjadi Pintar untuk Anak Usia 1-3 Tahun

 

Berikut ini beberapa tips dan cara menjadi pintar untuk anak usia 1-3 tahun yang bisa Bunda lakukan mulai sekarang, antara lain:

  1. Berikan nutrisi yang tepat dan seimbang

    Asupan nutrisi yang tepat ternyata menjadi salah satu cara menjadi pintar lho, Bun. Masa kanak-kanak merupakan masa ketika otak si Kecil sedang berkembang sangat pesat. Tumbuh kembang otaknya dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang lengkap. Maka dari itu, sebagai salah satu cara menjadi pintar, Bunda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dari makanan bergizi seimbang.

    Jika Bunda ingin tahu cara menjadi pintar untuk anak usia 1-3 tahun, maka pastikan si Kecil mengonsumsi nutrisi yang penting untuk otak, seperti protein, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, DHA, serta berbagai vitamin dan mineral lain. 

    Bunda tidak perlu khawatir karena cara menjadi pintar bisa dilakukan dengan memberikan si Kecil Susu Bendera 1Plus karena mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. Selain Susu Bendera 1Plus, Bunda juga tetap harus memberikan si Kecil asupan nutrisi dari jenis makanan lainnya, ya. 

  2. Kenali gaya belajar si Kecil

    Cara menjadi pintar selanjutnya yaitu mengenali gaya belajar si Kecil. Tahukah Bunda? Ternyata ada 3 gaya belajar yang berbeda, di antaranya gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik.

    Anak dengan gaya belajar auditori cenderung lebih cepat memahami hal baru melalui indra pendengaran. Sedangkan, anak dengan gaya visual lebih mengandalkan penglihatan untuk menyerap informasi baru. Berbeda dari gaya auditori dan visual, anak dengan gaya belajar kinestetik akan melakukan banyak gerakan saat belajar, misalnya dengan menggerakan tangan atau anggota tubuh lainnya. Hal ini bertujuan agar ia bisa lebih mudah berkonsentrasi. 

    Dengan mengetahui gaya belajar si Kecil, Bunda bisa membantunya belajar dan berkonsentrasi dengan mudah. Sebaiknya cara menjadi pintar yang satu ini sudah Bunda lakukan saat si Kecil berusia 1 tahun. 

  3. Biasakan si Kecil untuk membaca buku

    Cara menjadi pintar yang tak kalah penting yaitu mengajak si Kecil untuk membaca buku secara rutin. Jadikanlah membaca buku sebagai kegiatan rutin yang menyenangkan agar si Kecil bisa mendapatkan berbagai manfaat bagi tumbuh kembangnya. 

    Bunda bisa melakukan cara menjadi pintar ini dengan rutin membacakan buku cerita atau dongeng di malam hari sebelum tidur. Selain sebagai salah satu cara menjadi pintar, membaca juga bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas, kemampuan verbal, dan lain sebagainya. 

    Baca juga: Alami dan Sehat, Begini Cara Tumbuh Tinggi Anak yang Aktif

  4. Ajarkan si Kecil bahasa asing

    Cara menjadi pintar untuk anak usia 1-3 tahun yang lainnya yaitu mengajarkan bahasa asing. Melansir laman resmi parents.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak bilingual atau multilingual memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang hanya berbicara satu bahasa.

    Tak hanya itu, anak-anak yang sudah terbiasa menggunakan lebih dari satu bahasa pun biasanya lebih mudah mempelajari bahasa asing lainnya di masa depan. Cara menjadi pintar ini bisa Bunda ajarkan secara sederhana, misalnya Bunda bisa mengajak si Kecil berbicara bahasa Inggris setiap harinya. 

  5. Buka peluang untuk berkembang

    Salah satu cara menjadi pintar yang penting yaitu membebaskan si Kecil untuk berkembang lebih banyak. Kata bebas di sini bukan berarti lepas tangan begitu saja ya, Bun. Maksudnya Bunda tetap harus memantau tumbuh kembang si Kecil dengan melihat peluang yang ada di depan. Sebagai contoh, jika si Kecil tertarik dalam satu bidang, cobalah buka peluang dengan membiarkan ia belajar dan berkembang dalam bidang tersebut. Selain itu, memberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas juga termasuk cara menjadi pintar yang perlu Bunda lakukan.

  6. Asah kecerdasan emosional si Kecil

    Cara menjadi pintar untuk anak usia 1-3 tahun tak hanya berfokus pada kecerdasan intelektual saja lho. Bunda juga perlu membangun kecerdasan emosional si Kecil sejak dini. Hal ini karena kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang mendukung kesuksesan seorang anak di masa depan. Jadi, cobalah bantu si Kecil untuk mengenali dan mengendalikan emosinya dengan baik. 

  7. Kenalkan si Kecil dengan bidang seni

    Selain menyenangkan, beragam kegiatan seni seperti menggambar, melukis, dan bermain alat musik ternyata bisa meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan rasa percaya diri si Kecil lho, Bun. 

    Mengutip laman resmi parents.com, penelitian menunjukkan bahwa anak yang mempelajari alat musik bisa memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang cenderung tinggi dan bisa memperoleh nilai akademik yang baik. Hal ini tentunya perlu diimbangi dengan asupan nutrisi dan pola asuh orang tua yang tepat.

    Baca juga: 9 Makanan Omega 3 Agar Anak Mandiri, Aktif, dan Cekatan

  8. Menghargai proses pembelajaran anak

    Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang merasa dihargai oleh orang tuanya memiliki semangat belajar yang tinggi dan mampu mendapatkan nilai akademik yang lebih baik lho, Bun.

    Maka dari itu, Bunda dianjurkan lebih fokus pada proses yang si Kecil lalui dibandingkan dengan hasil yang diperolehnya. Selain membuat si Kecil merasa dihargai, hal ini juga membantunya mengerti bahwa ia bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi jika terus berusaha dan tidak mudah menyerah. 

  9. Rutin melakukan aktivitas fisik

    Mungkin selama ini Bunda tahu bahwa aktivitas fisik memiliki beragam manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti meningkatkan kebugaran, mendukung kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lainnya. Namun, tahukah Bunda bahwa aktivitas fisik juga termasuk salah satu cara menjadi pintar untuk anak usia 1-3 tahun lho. 

    Aktivitas fisik tidak hanya membuat si Kecil lebih kuat dan sehat, tetapi juga memiliki manfaat terhadap kesehatan mental, perkembangan sel-sel otak, dan meningkatkan aliran darah ke otak anak. Ada banyak jenis aktivitas fisik yang bisa Bunda lakukan bersama si Kecil, di antaranya bersepeda, bermain bola, berenang, lari pagi, dan lain sebagainya. 

Seperti yang sudah disebutkan ya, Bun, memberikan si Kecil Susu Bendera 1Plus termasuk ke dalam cara menjadi pintar untuk anak usia 1-3 tahun. Ini karena Susu Bendera 1Plus mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. Semua nutrisi tersebut dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun. 

Source:

https://www.fimela.com/parenting/read/4421502/10-cara-mendidik-anak-supaya-pintar-dan-kreatif

https://www.alodokter.com/8-langkah-membuat-anak-cerdas 

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store