Umum | Wednesday 15 Jun 2022

5 Jenis Vitamin Agar Anak Tidak Gampang Sakit

Bun, si Kecil sudah semakin aktif ya? Itu tandanya, Bunda harus mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil dengan memberikan ia berbagai jenis vitamin. Meskipun termasuk nutrisi mikro, beragam jenis vitamin juga sangat penting untuk dikonsumsi oleh si Kecil agar tidak gampang sakit. 

Mungkin selama ini Bunda sering melihat sebagian orang tua yang memberikan beberapa jenis vitamin dalam bentuk suplemen untuk anaknya. Sebenarnya hal itu tidak apa-apa, asalkan harus sesuai dengan anjuran dari dokter. 

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Bunda memberikan berbagai jenis vitamin secara alami, dari beragam bahan pangan yang ada. Pemberiannya pun bisa Bunda sesuaikan dengan kebutuhan gizi harian si Kecil. Yang jelas, Bunda bisa memasukkan jenis-jenis vitamin tersebut ke dalam menu makan hariannya. 

Lantas, apa saja jenis vitamin yang dapat mendukung daya tahan tubuh si Kecil agar tidak gampang sakit? Simak rekomendasinya di bawah ini, yuk! 

  1. Vitamin A

    Selama ini vitamin A identik dengan sebutan nutrisi untuk kesehatan mata. Padahal vitamin A juga termasuk jenis vitamin yang dapat mendukung sistem imun tubuh lho, Bun. Dengan manfaatnya ini, vitamin A mampu membantu tubuh untuk melawan infeksi. 

    Vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, memperbaiki tulang dan jaringan, serta mendukung pertumbuhan si Kecil. Bunda bisa mendapatkan manfaat vitamin A dari dua sumber, yaitu sumber hewani dalam bentuk retinoid dan sumber nabati dalam bentuk karotenoid.

    VItamin A dari sumber hewani bisa didapatkan dari susu, telur, hati, keju dan yoghurt, sedangkan vitamin A dari sumber nabati bisa diperoleh dari bayam, wortel, ubi, paprika merah, mangga, pepaya, dan aprikot. 

  2. Vitamin C

    Jenis vitamin ini tak kalah penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C memiliki banyak manfaat lain, seperti melindungi dan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan, membantu penyerapan zat besi, mendukung kesehatan kulit, dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu, jenis vitamin yang satu ini mampu menjadi nutrisi pendukung agar si Kecil tetap sehat dan tidak gampang sakit. Bunda bisa menemukan manfaat jenis vitamin C dari berbagai sayur dan buah, seperti jeruk, mangga, tomat, bayam, dan stroberi. 

  3. Vitamin B Kompleks

    Tak hanya untuk membantu pembentukkan sel darah merah, dilansir dari artikel kesehatan Harvard T.H. Chan School of Public Health, vitamin B kompleks juga berperan dalam metabolisme tubuh, terutama untuk pelepasan energi ketika si Kecil sedang semangat beraktivitas. Seperti yang Bunda ketahui, jenis vitamin ini ada banyak, mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12. Setiap jenis vitamin B kompleks ini memiliki fungsinya masing-masing, namun secara keseluruhan manfaatnya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. 

  4. Vitamin D

    Bunda juga sebaiknya memberikan si Kecil jenis vitamin yang satu ini agar daya tahan tubuhnya meningkat. Selama pandemi COVID-19, mungkin Bunda sering mendengar pentingnya vitamin D untuk mencegah terpapar virus corona atau sebagai nutrisi untuk membantu pasien sembuh.

    Ternyata hal tersebut benar lho, Bun, vitamin D cukup penting untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, terutama di masa pandemi COVID-19. Daya tahan tubuh yang kuat dapat melawan kuman dan virus penyebab penyakit dengan lebih baik, termasuk virus corona. 

    Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D yang cukup mampu mengurangi risiko seseorang terinfeksi virus Corona. Menurut penelitian terbaru, pasien COVID-18 yang asupan vitamin D-nya tercukupi pun cenderung memiliki gejala yang lebih ringan dibanding pasien COVID-19 yang kekurangan jenis vitamin ini. 

    Baca juga: 5 Tips Agar Tumbuh Kembang Anak Lebih Mandiri, Aktif, dan Cekatan

  5. Vitamin E

    Satu lagi jenis vitamin yang sayang untuk dilewatkan yaitu vitamin E. Jenis vitamin ini cukup penting untuk mendukung sistem imun, mendukung kesehatan sistem pernapasan, membantu mengurangi risiko peradangan paru-paru, dan lainnya. Bunda bisa mendapatkan manfaat jenis vitamin ini dari alpukat, paprika, dan kacang-kacangan.

Seperti yang telah disebutkan, berbagai jenis vitamin bisa Bunda dapatkan secara alami maupun berbentuk suplemen. Si Kecil boleh saja mengonsumsi jenis vitamin yang berbentuk suplemen, asalkan Bunda sudah mengetahui dosis yang tepat dari dokter anak. 

Biasanya dokter anak akan memberikan jenis vitamin yang sesuai dengan kondisi kesehatan si Kecil. Kalau Bunda memberikan suplemen vitamin yang tidak tepat, dikhawatirkan si Kecil akan kelebihan atau bahkan kekurangan jenis vitamin tertentu. Jadi, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter ya, Bun. 

Bunda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat vitamin tersebut dari Susu Bendera 1Plus. Susu bubuk pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun ini mengandung 13 vitamin dan 8 mineral yang penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Bahkan, Susu Bendera 1Plus diperkaya oleh GIZZICOMPLI yang termasuk protein, omega 3, omega 6, dan minyak ikan yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil.

Perlu Bunda ketahui pula, meskipun berbagai jenis vitamin di atas bermanfaat untuk kesehatan si Kecil, tetapi vitamin tersebut bukan satu-satunya nutrisi yang penting ya, Bun. Si Kecil juga harus mengonsumsi nutrisi lain, seperti protein, karbohidrat, serat, lemak, dan mineral.

Protein termasuk nutrisi yang cukup penting untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Sebab, protein bermanfaat untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh, membentuk dan memperkuat tulang, meningkatkan sistem imun, mendukung perkembangan otak, dan lain-lain. Bunda bisa mendapatkan manfaat protein yang maksimal dari sumber hewani, seperti Susu Bendera 1Plus, telur, ikan, daging sapi, daging ayam, dan produk olahannya. 

Nutrisi makro selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan yaitu karbohidrat dan lemak. Kedua nutrisi ini pun dibutuhkan oleh si Kecil agar memiliki energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bunda bisa mendapatkan manfaat karbohidrat dari nasi, gandum, jagung, ubi, dan singkong. Sedangkan, lemak bisa didapatkan dari susu, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, dan minyak nabati. 

Baca juga: Sebelum Memilih Susu Bubuk, Perhatikan 3 Hal Ini!

Selain itu, jika Bunda ingin daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga, sebaiknya berikan juga ia asupan mineral yang cukup. Sama seperti vitamin, mineral termasuk nutrisi mikro yang berfungsi sebagai pendukung agar kesehatan si Kecil tetap terjaga. Ada banyak jenis mineral yang perlu Ibu berikan kepada si Kecil, seperti zat besi, kalsium, kalium, zinc, selenium, dan lain-lain. 

Pastikan si Kecil mendapatkan semua nutrisi di atas secara seimbang ya, Bun. Bunda bisa mencukupi kebutuhan gizi hariannya berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI. 

Optimalkan juga asupan nutrisinya dengan memberikan Susu Bendera 1Plus secara rutin. Susu bubuk pertumbuhan ini tersedia dalam rasa madu yang pastinya disukai anak-anak. Bunda bisa memilih kemasan Susu Bendera 1Plus sesuai kebutuhan, mulai dari ukuran 150 gram, 360 gram, dan 600 gram. 

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun. 

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

SYARAT DAN KETENTUAN PROGRAM PROMO DISKON 20% SUSU...

Lihat

SYARAT DAN KETENTUAN DISKON 10% SUSU BENDERA 360G...

Lihat

SYARAT DAN KETENTUAN DISKON 10% SUSU BENDERA 600G...

Lihat

SYARAT DAN KETENTUAN DISKON 10% SUSU BENDERA 900G...

Lihat

Syarat & Ketentuan Susu Bendera 3Plus 360g Harga S...

Lihat