Nutrisi | Friday 29 Apr 2022

Apa Saja Fungsi Kalsium dalam Tumbuh Kembang Anak?

Fungsi kalsium untuk si Kecil ternyata tidak hanya terbatas pada kesehatan tulang dan gigi saja. Fungsi kalsium memang penting bagi kedua hal umum tersebut, namun fungsi kalsium ternyata juga berperan besar dalam kesehatan dan tumbuh kembang si kecil secara menyeluruh.

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan wajib mendapatkan asupan yang dapat memberikan fungsi kalsium yang cukup. Sebab, tubuh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan banyak mengambil cadangan kalsium yang disimpan di dalam tulang. Maka dari itu, memenuhi kebutuhan kalsium si kecil sangatlah penting guna membantu proses pertumbuhan secara optimal, serta terhindar dari masalah penyakit akibat kekurangan kalsium.

Asupan makanan yang mengandung fungsi kalsium harus terpenuhi. Jika tidak atau kurang, tulang dan gigi si Kecil bisa menjadi lemah dan rapuh. Berdasarkan Peraturan Kemenkes Nomor 28 tahun 2019, angka kecukupan kalsium yang dibutuhkan anak-anak setiap harinya, meliputi:

  • Usia 0-5 bulan: 200 mg
  • Usia 6-11 bulan: 270 mg
  • Usia 1-3 tahun: 650 mg
  • Usia 4-6 tahun: 1000 mg
  • Usia 7-9 tahun: 1000 mg

Fungsi Kalsium Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Fungsi kalsium sangat penting untuk kesehatan gigi dan tulang. Nutrisi ini berperan penting bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Lantas, apa saja fungsi kalsium bagi tumbuh kembang si Kecil? Simak beberapa fungsi kalsium berikut ini.

1. Meningkatkan kepadatan tulang

Tulang di dalam tubuh disebut sebagai “bank kalsium.” Jika tidak ada cadangan kalsium, tubuh akan menarik kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Apabila dilakukan secara terus-menerus, tulang bisa lebih mudah rapuh dan patah, sehingga risiko osteoporosis pun meningkat. Oleh karena itulah fungsi kalsium yang utama adalah meningkatkan kepadatang tulang, terutama bagi anak sejak kecil.

2. Mengoptimalkan tinggi badan anak

Selain meningkatkan kepadatan tulang, fungsi kalsium sangat penting dalam pertumbuhan tinggi badan secara signifikan terjadi pada usia anak-anak. Tinggi badan seorang anak bisa bertambah sekitar 5-6 sentimeter per tahun sejak ia berusia dua tahun hingga masa pubertas. Dengan mengonsumsi kalsium yang cukup, anak akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang maksimal. Di samping itu, Bunda juga dapat mengingatkan anak-anak untuk rutin berolahraga dan istirahat yang cukup untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badannya.

3. Meningkatkan kecerdasan anak

Tidak hanya berguna untuk pertumbuhan tulang, fungsi kalsium juga dapat membantu perkembangan sistem saraf dan fungsi otot tubuh anak. Fungsi kalsium terlibat langsung dalam proses kontraksi otot dan penghantaran sinyal-sinyal pada sistem saraf di otak. Hal ini berpengaruh pada kecerdasan anak karena sistem saraf yang sehat akan membuat anak cepat menerima informasi.

4. Memperkuat sistem imun tubuh

Fungsi kalsium juga baik untuk membantu mengaktifkan enzim-enzim penting dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan memperkuat sistem imun tubuh, sehingga anak terhindar dari berbagai penyakit. Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya akan terlihat lemah, lesu, sering berkeringat, mengalami nyeri perut, kram otot, dan susah tidur.

5. Menjaga sistem kardiovaskular

Fungsi kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah. Peran kalsium dalam fungsi otot termasuk mempertahankan otot jantung. Mineral ini juga dapat mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah.


Makanan Sumber Kalsium untuk Anak

Bunda, memenuhi kebutuhan kalsium anak sangat mudah. Fungsi kalsium, selain bisa didapatkan dari susu seperti Susu Bendera 3Plus, beberapa makanan lainnya juga menyediakan kalsium untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Simak beberapa makanan yang mengandung sumber kalsium untuk si Kecil berikut ini.

Yoghurt

Yoghurt juga menjadi salah satu sumber kalsium yang baik untuk tulang. Kandungan probiotik yang ada pada yoghurt bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun, serta proses penyerapan nutrisi. Di dalam 200 gram yoghurt mengandung sekitar 300 mg kalsium. Yoghurt dapat dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan dan dicampurkan dengan buah-buahan untuk rasa yang lebih lezat dan segar, si Kecil pasti suka.

Biji-bijian

Beberapa jenis biji-bijian mengandung sejumlah mineral kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang, serta meningkatkan energi si Kecil. Beberapa jenis biji-bijian tersebut, yaitu biji chia, biji wijen, dan biji poppy. Dua sendok teh biji wijen misalnya, mengandung 280 mg kalsium. Sementara satu sendok makan biji poppy, mengandung 127 gram kalsium dan dalam 100 biji chia mengandung 631 mg kalsium.

Selain mengandung sejumlah fungsi kalsium, biji-bijian tersebut juga mengandung protein dan lemak yang sehat. Oleh karena itu, biji-bijian baik untuk dikonsumsi si Kecil. Biji-bijian tersebut dapat ditambahkan dalam berbagai olahan makanan dan mudah untuk dikonsumsi.

Kacang almond

Kacang almond dapat menjadi camilan sehat yang cocok untuk si Kecil. Mengonsumsi 15 kacang almond dapat memberi asupan 40 mg kalsium. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kacang almond yang penuh dengan fungsi kalsium ini dapat ditambahkan dalam bahan kue, atau dicampurkan ke dalam yoghurt untuk sarapan si kecil.

Kale

Kale merupakan sumber kalsium nabati yang baik dan juga tinggi vitamin K, yang merupakan nutrisi lain untuk kesehatan tulang. Satu gelas sayur kale mengandung 179 mg kalsium. Sayuran hijau ini dapat diolah dalam berbagai hidangan seperti sup dan smoothie yang dapat dicampurkan dengan buah-buahan agar disukai oleh anak.

Susu

Susu menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung fungsi kalsium Susu sangat mudah diserap oleh tubuh. Satu gelas susu mengandung 300 mg kalsium. Khusus bagi Si Kecil yang memiliki alergi susu sapi, Bunda dapat memberi susu kedelai. Sebab kandungan nutrisinya setara dengan susu sapi pada umumnya.

Untuk menghindari dampak buruk dari kekurangan fungsi kalsium pada si Kecil, pastikan bahwa kebutuhan kalsium anak tercukupi dengan baik. Ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium, sebab tubuh manusia tidak dapat memproduksi kalsium sendiri. 

Makanan dan minuman yang mengandung fungsi kalsium terbilang beragam. Namun, susu bisa menjadi pilihan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan kalsium pada anak. Sebab, kandungan kalsium dalam susu lebih mudah untuk diserap tubuh dibandingkan dengan makanan dan minuman lainnya.

Selain fokus pada stimulasi dari luar, Bunda juga perlu memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada si Kecil agar tumbuh kembang si Kecil optimal. Nah, Susu Bendera 3Plus bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

Source:

https://www.alodokter.com/hati-hati-bahaya-kekurangan-kalsium-pada-anak

https://www.orami.co.id/magazine/kalsium-untuk-anak

https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-kalsium-untuk-tumbuh-kembang-anak

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

4 Alasan Memberikan Susu Rendah Gula pada Si Kecil

Lihat

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Lihat

9 Makanan Omega 3 Agar Anak Mandiri, Aktif, dan Ce...

Lihat

4 Panduan Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas...

Lihat

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak Mandiri, Aktif, d...

Lihat