Edukasi | Monday 15 Nov 2021

Cobain Bun! Asupan Ini Bisa Ningkatin Imun Si Kecil!

Dalam masa pandemi seperti ini, sudah seharusnya Bunda memberi perhatian ekstra kepada si Kecil. Agar ia tidak mudah terkena penyakit, seperti flu atau batuk-batuk yang bisa membuatnya rewel. Meskipun tubuh si Kecil akan membentuk kekebalan tubuh secara alami, namun orangtua tetap mempunyai peranan penting untuk menjaga si Kecil.


Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memperkuat sistem imun si Kecil. Sistem imun adalah jaringan kompleks yang terdiri atas sel-sel dan organ yang bertugas untuk menjaga tubuh. Menurut Johns Hopkins Medicine, sistem kekebalan terdiri dari berbagai organ, sel, dan protein yang bekerja bersama untuk melindungi tubuh si Kecil dari penyerang luar, seperti bakteri, virus, atau jamur.


Cara memperkuat sistem imun bisa dengan dengan berbagai hal. Contohnya adalah dengan memberikan si Kecil makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Asupan yang sehat akan memperkuat sistem imun bagi si Kecil, dan berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa mendukung untuk meningkatkan daya tahan tubuh:


  1. Buah dan Sayur

Seperti yang dianjurkan oleh Harvard Medical School untuk memberikan buah dan sayur dalam menu makanan si Kecil. Sebab buah dan sayur memiliki kandungan-kandungan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah dan Sayur terbukti memiliki beragam kandungan yang menyehatkan untuk tubuh si Kecil. Mulai dari vitamin A, C, E B2, B6, kalium, folat, kalium, antioksidan dan juga zinc. Dengan berbagai kandungan tersebut akan sangat baik bagi untuk mengonsumsi buah dan sayur secara teratur.


  1. Probiotik dan Prebiotik

Probiotik dan Prebiotik diyakini memiliki beragam cara kerja. Intinya adalah untuk mengoptimalkan sistem pencernaan. Mengapa probiotik dan prebiotik penting bagi sistem imun anak, yaitu karena sebagian besar sel-sel yang membangun sistem imun tubuh berada di dalam saluran pencernaan. 

Makanan yang mengandung Probiotik antara lain adalah yogurt, acar dan juga kefir. Sedangkan Prebiotik bisa didapatkan dari jenis pisang-pisangan seperti pisang raja, pisang hijau atau ubi jalar. 


  1. Kacang-kacangan Dan Biji-bijian

Asam lemak, protein, serat, kalium, vitamin A, E, B6, dan B12. dalam kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan peningkat sistem imun di tubuh si Kecil. Asam lemak sangat membantu untuk membantu tubuh ketika melawan penyakit.

Contohnya, Almond yang mengandung vitamin E, yang merupakan antioksidan alami. Kandungan didalamnya membantu menyehatkan sistem imun dan mampu mencegah flu. Dengan begitu kacang-kacangan dan biji-bijian sangat penting untuk daya tahan tubuh si Kecil.


  1. Makanan Berbasis Protein

Makanan yang mengandung protein diantaranya adalah daging merah, ayam, atau makanan laut. Harus yang mengandung protein, karena fungsi utama dari protein adalah memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Selain itu, protein juga membantu untuk membentuk antibodi sehingga bisa memperkuat sistem imun dalam tubuh.


  1. Susu Pertumbuhan

Untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat, susu pertumbuhan dengan kandungan gizi yang lengkap tentu saja bisa membantu untuk dukung tumbuh kembang anak dengan menjaga sistem imunnya. Contohnya seperti GIZZICOMPLI di Susu Bendera. Berisikan protein, omega 3, omega 6, hingga 13 vitamin dan 8 mineral yang tepat untuk dukung sistem imun si Kecil. Cuma Rp. 2.500/gelas, tapi nutrisi terbukti lengkapnya.


Referensi

https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system

https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/the-immune-system

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Mengonsumsi Ini Bisa Meningkatkan Daya Ingat Si Ke...

Lihat

Ingin Si Kecil Tetap Sehat? Yuk Praktikan Pola Hid...

Lihat

Ternyata Kebiasaan Kecil Orang Tua Berdampak Pada...

Lihat

Tiga Nutrisi Penting Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil...

Lihat

Ini Pentingnya Jaga Asupan Gula Untuk Si Kecil

Lihat