Edukasi | Wednesday 15 Jun 2022

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Anak Tidak Gampang Sakit

Dalam masa pandemi COVID-19 seperti ini, setiap Bunda pasti memberi perhatian ekstra kepada si Kecil. Penting untuk menerapkan setiap cara meningkatkan imun tubuh agar mereka tidak mudah terkena penyakit, seperti flu atau batuk yang bisa membuatnya rewel dan juga menghambat aktivitas mereka sehari-hari. Apalagi cara-cara meningkatkan imun tubuh gencar dilakukan tentunya untuk menghindarkan mereka dari virus corona. Meskipun tubuh si Kecil akan membentuk kekebalan tubuh secara alami, namun orangtua tetap mempunyai peranan penting untuk menjaga si Kecil dengan mencari cara meningkatkan imun tubuh mereka.

Sembari melakukan cara-cara meningkatkan imun tubuh, Bunda perlu juga mengajarkan protokol kesehatan yang dimulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas memang jadi hal yang gampang-gampang sulit untuk diajarkan kepada si Kecil.

Tapi jika mau dilihat dari sisi lain, untuk mengurangi rasa cemas dan khawatir karena berada di situasi pandemi COVID-19 saat ini, melakukan setiap cara meningkatkan imun tubuh bisa dilakukan dengan menyenangkan jika melibatkan si Kecil lho Bun.

Setiap cara-cara meningkatkan imun tubuh si Kecil penting untuk dilakukan. Sistem imun adalah jaringan kompleks yang terdiri atas sel-sel dan organ yang bertugas untuk menjaga tubuh. Menurut Johns Hopkins Medicine, sistem kekebalan terdiri dari berbagai organ, sel, dan protein yang bekerja bersama untuk menggenapi setiap cara meningkatkan imun tubuh dan melindungi tubuh si Kecil dari penyerang luar, seperti bakteri, virus, atau jamur.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh si Kecil

  1. Memastikan waktu tidur si Kecil yang cukup

    Cara meningkatkan imun tubuh yang pertama adalah dengan memastikan si Kecil memiliki waktu tidur yang cukup. Aspek ini sangat penting di masa pertumbuhan dan perkembangannya.

    Jika si Kecil kurang tidur, produksi sitokin akan terhambat sehingga protein yang fungsinya melawan infeksi dan mengurangi peradangan jadi terganggu. Kondisi ini tentu membuat imun tubuh si Kecil jadi kurang kuat. Pastikan si kecil tidur selama 10-13 jam setiap harinya. Jika mereka tidak tidur siang, coba untuk tidur malam lebih awal ya Bun supaya cara meningkatkan imun tubuh yang ini bisa selalu diterapkan setiap hari.

  2. Ajak si Kecil Melakukan Aktivitas Fisik

    Ajarkan kebiasaan berolahraga pada si Kecil sejak dini. Selain jadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama di dalam keluarga, sudah pasti aktivitas ini sekaligus menjaga kesehatan dan kebugaran seluruh anggota keluarga terutama si Kecil.

    Setidaknya lakukan olahraga 30 menit dalam sehari sebagai cara meningkatkan imun tubuh bareng si Kecil. Beberapa contoh aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah dengan bersepeda, joging, jalan pagi atau bermain bola di halaman rumah.

  3. Ajarkan si Kecil menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

    Cara meningkatkan imun tubuh si Kecil selanjutnya dimulai dengan ajarkan mereka untuk rajin mencuci tangan dengan sabun ya Bun. 80 persen infeksi penyakit biasanya ditularkan melalui tangan. Ajarkan mereka untuk rajin cuci tangan seperti saat sebelum dan sesudah makan, menyentuh atau membawa barang dari luar rumah, atau setiap selesai beraktivitas di kamar mandi. Terapkan kepada si Kecil untuk cuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik untuk memastikan seluruh bakteri dan virus sudah hilang.

    Ajarkan mereka juga cara batuk dan bersin yang tepat, dilanjutkan dengan mengajarkan kebiasaan membersihkan mainan agar si Kecil peduli dengan kebersihan sekitar mereka juga. Cara meningkatkan imun tubuh yang ini perlu dicontohkan melalui Bunda sendiri ya.

  4. Rutin memeriksa kesehatan si Kecil ke dokter

    Pergi ke dokter bisa dilakukan walau si Kecil sedang tidak sakit lho Bun. Bukan hal yang mustahil jika ada kemungkinan terjadinya penyakit yang kadang gejalanya tidak terlihat atau bahkan disepelekan.

    Cara meningkatkan imun tubuh yang ini mungkin sedikit terhambat dengan suasana pandemi. Bunda bisa memanfaatkan teknologi telemedicine atau memastikan protokol kesehatan dengan baik saat membawa si Kecil ke dokter ya.

  5. Memberikan si Kecil asupan bernutrisi dan sehat

    Cara meningkatkan imun tubuh yang satu ini tentu hal yang utama. Asupan yang sehat adalah salah satu cara meningkatkan imun tubuh si Kecil. Memberikan asupan bernutrisi tentu jadi salah satu kunci untuk meningkatkan imun tubuh. Usahakan untuk memberi si Kecil sayuran, buah-buahan, biji-bijian atau kacang-kacangan dan asupan protein. 

Asupan Makanan sebagai Cara Meningkatkan Imun Tubuh si Kecil


Cara meningkatkan imun tubuh si Kecil memang bisa dengan dengan berbagai hal. Contohnya adalah dengan memberikan si Kecil makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Asupan yang sehat akan memperkuat sistem imun bagi si Kecil, dan berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa mendukung untuk jadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh:

  • Buah dan Sayur

    Seperti yang dianjurkan oleh Harvard Medical School untuk memberikan buah dan sayur dalam menu makanan si Kecil. Sebab buah dan sayur memiliki kandungan-kandungan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

    Buah dan Sayur terbukti memiliki beragam kandungan yang menyehatkan untuk tubuh si Kecil. Mulai dari vitamin A, C, E B2, B6, kalium, folat, kalium, antioksidan dan juga zinc. Dengan berbagai kandungan tersebut akan sangat baik bagi untuk mengonsumsi buah dan sayur secara teratur.

  • Probiotik dan Prebiotik

    Probiotik dan Prebiotik diyakini memiliki beragam cara kerja. Intinya adalah untuk mengoptimalkan sistem pencernaan. Mengapa probiotik dan prebiotik penting bagi sistem imun anak, yaitu karena sebagian besar sel-sel yang membangun sistem imun tubuh berada di dalam saluran pencernaan. 

    Makanan yang mengandung Probiotik antara lain adalah yogurt, acar dan juga kefir. Sedangkan Prebiotik bisa didapatkan dari jenis pisang-pisangan seperti pisang raja, pisang hijau atau ubi jalar. 

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

    Asam lemak, protein, serat, kalium, vitamin A, E, B6, dan B12. dalam kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan peningkat sistem imun di tubuh si Kecil. Asam lemak sangat membantu untuk membantu tubuh ketika melawan penyakit.

    Contohnya, Almond yang mengandung vitamin E, yang merupakan antioksidan alami. Kandungan didalamnya membantu menyehatkan sistem imun dan mampu mencegah flu. Dengan begitu kacang-kacangan dan biji-bijian sangat penting untuk daya tahan tubuh si Kecil.

  • Makanan Berbasis Protein

    Makanan yang mengandung protein diantaranya adalah daging merah, ayam, atau makanan laut. Harus yang mengandung protein, karena fungsi utama dari protein adalah memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Selain itu, protein juga membantu untuk membentuk antibodi sehingga bisa memperkuat sistem imun dalam tubuh.

  • Susu Pertumbuhan

    Supaya ibu makin yakin sudah melakukan setiap cara meningkatkan imun tubuh si Kecil dengan baik, susu pertumbuhan dengan kandungan gizi yang lengkap tentu saja bisa membantu untuk dukung tumbuh kembang anak dengan menjaga sistem imunnya. Contohnya seperti GIZZICOMPLI di Susu Bendera yang punya kandungan gula yang rendah. Berisikan protein, omega 3, omega 6, hingga 13 vitamin dan 8 mineral yang tepat untuk dukung sistem imun si Kecil. 

Oh iya Bun, jika mau menyisipkan Susu Bendera dalam cara-cara meningkatkan imun tubuh si Kecil, Bunda bisa dapatkan Susu Bendera dengan harga spesial, info selanjutnya klik di bawah ini ya!

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Yuk, Lakukan 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak S...

Lihat

8 Pola Hidup Sehat Agar Imunitas Anak Meningkat

Lihat

Cara Mendidik Anak Agar Lebih Mandiri Saat Makan

Lihat

Apa Itu Nutrisi? Pahami untuk Tumbuh Kembang si Ke...

Lihat

Ini Pentingnya Membatasi Makanan Manis pada Si Kec...

Lihat