Tumbuh Kembang | Monday 18 Apr 2022

Susu Penambah Tinggi Badan, Efektifkah untuk Anak?

Memberikan susu penambah tinggi badan dinilai dapat membantu seorang anak menjadi lebih tinggi. Maka tak heran bila rekomendasi susu peninggi badan juga diminati, seiring harapan para orang tua yang menginginkan anaknya dapat tumbuh tinggi dengan optimal. Lantas, efektifkah memberikan si Kecil susu pertumbuhan seperti halnya susu penambah tinggi badan?

Pemberian susu pertumbuhan macam susu penambah tinggi badan, memang cukup populer untuk menunjang pertumbuhan tulang anak dibandingkan susu bubuk biasa. Akan tetapi, Bunda tetap harus selektif dalam memilih susu pertumbuhan yang sesuai dengan perkembangan pertumbuhan anak.

Saat ini, semakin banyak produk rekomendasi susu peninggi badan di pasaran yang diklaim dapat membantu anak untuk tumbuh tinggi. Dari harga yang ekonomis hingga eksklusif, dengan berbagai varian rasa, dan usia khusus. Sebelum Bunda memilih dan memberikan susu penambah tinggi badan, Bunda dapat melakukan tinjauan terlebih dahulu kepada si Kecil.

Adapun tinjauan yang dimaksud mulai dari kondisi kesehatan si Kecil, apakah terdapat alergi atau tidak, hingga rasa yang si Kecil sukai. Mungkin Bunda juga bertanya-tanya apakah efektif minum susu pertumbuhan agar anak tumbuh tinggi? Yuk, simak informasi berikut, semoga bisa mengobati keingintahuan Bunda, ya.

Kandungan Susu Penambah Tinggi Badan

Kandungan susu penambah tinggi badan terdiri atas protein, kalsium, Omega 3, berbagai vitamin, dan mineral. atas dua jenis protein yaitu 80% kasein dan 20% whey protein. Keduanya memiliki manfaat masing-masing, kasein berfungsi sebagai peningkatan penyerapan kalsium dan fosfor, sedangkan whey protein bermanfaat untuk pertumbuhan otot.

Kandungan nutrisi pada susu penambah tinggi badan baik untuk perkembangan si Kecil. Kalsium dan zat besi dalam susu penambah tinggi badan tersebut dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan kalsium dan zat besi yang cukup pada anak dapat membantunya untuk lebih cepat bertumbuh dibandingkan anak yang kurang kalsium. Selain mengoptimalkan pertumbuhan tulang, kalsium juga menguatkan dan memadatkan tulang sehingga terhindar resiko osteoporosis ketika tua nanti.

Selain tinggi kalsium, susu penambah tinggi badan umumnya dilengkapi dengan beberapa zat gizi lainnya yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan si Kecil. Zat-zat gizi penting itu antara lain:

  1. Protein

    Asupan tinggi kalsium dalam susu penambah tinggi badan yang dikombinasikan dengan asupan protein yang memadai bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, serta melindungi anak dari risiko osteoporosis. Protein juga membantu meningkatkan penyerapan kalsium pada kesehatan tulang dan menghambat keropos tulang sejak dini.

  2. Vitamin D

    Kombinasi antara kalsium dan vitamin D sangat penting untuk metabolisme kalsium pada tulang. Kalsium dan vitamin D yang terkandung dalam susu penambah tinggi badan membantu pertumbuhan kerangka dan memaksimalkan massa tulang hingga setelah remaja. Massa tulang yang maksimal adalah kunci utama pencegahan osteoporosis.

  3. Yodium

    Salah satu mineral penting untuk pertumbuhan adalah yodium dan terdapat di dalam susu penambah tinggi badan. Zat gizi ini berperan sebagai penunjang fungsi kelenjar tiroid yang memiliki kontribusi pada perkembangan tubuh. Kinerja tiroid yang tidak maksimal dan pertumbuhan yang terhambat dapat disebabkan oleh kurangnya zat tiroid dalam tubuh.

  4. Fosfor

    Fosfor dibutuhkan untuk proses pembentukan, pertumbuhan, serta pemeliharaan tulang. Fosfor dalam susu penambah tinggi badan berguna sebagai pembentuk struktur tulang agar lebih kuat dan mengurangi risiko keropos tulang bersama dengan kalsium. Fosfor pun dibutuhkan sebagai pengatur keseimbangan mineral dan vitamin lainnya dalam tubuh, termasuk vitamin D, yodium, magnesium, dan seng.

  5. Vitamin B12

    Susu penambah tinggi badan juga mengandung kalsium dan vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu perkembangan tubuh dan menghindari risiko terjadinya stunting. Meskipun pengaruhnya tidak sebesar vitamin D, vitamin B12 juga berperan dalam pencegahan osteoporosis dan risiko patah tulang.

Ketika Bunda hendak memilih susu penambah tinggi badan, sebaiknya cermati terlebih dahulu label yang ada pada informasi kandungan nutrisi pada kemasan susu. Pilihlah susu penambah tinggi badan yang memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan protein yang tinggi serta rendah lemak. Zat-zat ini sangat bermanfaat untuk optimalkan pertumbuhan anak terlebih saat usia emas masa tumbuh kembangnya.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa upaya untuk meninggikan badan atau postur tubuh si Kecil lebih tinggi tidak bisa hanya dengan mengandalkan satu faktor saja, misalnya hanya dengan mengonsumsi susu penambah tinggi badan saja dan menyampingkan olahraga. Sebab, minum susu penambah tinggi badan sebaiknya diiringi dengan olahraga, begitu pula sebaliknya.

Faktor tinggi badan

Tinggi badan seorang anak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, baik itu genetik dan non-genetik. Faktor genetik seorang anak memiliki andil sebesar 60-80% pada pertumbuhan tinggi badannya, sedangkan non-genetik seperti nutrisi dan aktivitas fisik sebesar 20-30% pada tinggi badannya. Sehingga pertumbuhan si Kecil tentunya akan berbeda-beda satu sama lain, karena banyak faktor pendukungnya. Oleh karena itu, Bunda perlu memaksimalkan pertumbuhan si Kecil dengan memberikan nutrisi terbaik untuknya, salah satunya dengan memberikan susu peninggi badan terbaik.

Efektif atau tidak?

Susu penambah tinggi badan sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Susu terbukti membantu anak tumbuh dengan baik melalui kandungan nutrisi di dalamnya. Akan tetapi, terkait soal efektif atau tidaknya susu penambah tinggi badan yang ditujukan untuk menambah tinggi anak, memang masih belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa dengan minum susu pertumbuhan saja efektif untuk meninggikan badan.

Perlu atau tidaknya mengkonsumsi susu penambah tinggi badan ditentukan oleh kebutuhan anak, salah satunya adalah kebutuhan kalsium. Pada dasarnya, minum susu setiap hari merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh para dokter untuk menunjang dan menjaga kesehatan tubuh anak-anak yang berada dalam masa tumbuh kembangnya. Susu memiliki banyak manfaat yang berguna untuk anak kecil hingga dewasa.

Pertumbuhan tinggi seorang anak didukung oleh berbagai faktor. Bunda perlu menyeimbangkan nutrisi dan aktivitas penunjang seperti berolahraga untuk mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil. Asupan makanan juga memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan tinggi anak. Susu peninggi badan terbaik dengan tinggi kalsium dan protein bisa menjadi pelengkap nutrisi yang berguna memaksimalkan tumbuh tinggi si Kecil.

Untuk pertumbuhan tinggi badan yang optimal, Bunda bisa memberikan Susu Bendera 1Plus dengan GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral penting untuk tumbuh kembang anak. Susu Bendera 1Plus juga hadir dalam varian rasa madu yang disukai anak-anak. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil demi mencapai tinggi badan ideal di masa pertumbuhan. Tersedia rasa madu yang pasti disukai si Kecil dengan harga yang lebih ekonomis.

Nah, tunggu apalagi Bun, saatnya bijak memilih susu bubuk pertumbuhan yang bergizi lengkap dan tentunya tinggi kalsium dan protein. Susu penambah tinggi badan tentu akan membantu anak mendapatkan tinggi badan ideal secara optimal.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Mitos dan Fakta Perkembangan Anak Usia Dini

Lihat

Perkembangan Kognitif Si Kecil di Usia 4-6 Tahun

Lihat

4 Manfaat Vitamin untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Lihat

Pentingnya GIZZICOMPLI dalam Kandungan Susu Pertum...

Lihat

Sebelum Memilih Susu Bubuk, Perhatikan 3 Tips Ini!

Lihat