Tumbuh Kembang | Wednesday 15 Jun 2022

Sebelum Memilih Susu Bubuk, Perhatikan 3 Tips Ini!

Memasuki umur satu tahun, anak membutuhkan asupan susu bubuk dengan nutrisi tinggi sebagai penunjang tumbuh kembang anak. ASI memang memiliki nutrisi yang lengkap untuk si Kecil, akan tetapi ketika anak memasuki usia satu tahun perlu nutrisi tambahan. Salah satunya adalah dengan memberikan si Kecil susu bubuk pertumbuhan untuk mencukupi nutrisi hariannya.

Susu bubuk memiliki beberapa keunggulan seperti mudah disimpan dan tahan lama. Susu bubuk juga memiliki varian rasa yang umumnya disukai anak-anak. Maka tak heran jika susu bubuk sering menjadi pilihan orang tua dibandingkan susu cair dalam kemasan, susu formula, atau bahkan susu sapi murni yang memang lebih mudah basi.

Jenis-jenis Susu Bubuk Pertumbuhan

Terdapat berbagai macam jenis susu bubuk pertumbuhan yang ada di pasaran. Sebaiknya Bunda perlu mengetahui jenis-jenis susu bubuk pertumbuhan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan si Kecil dan mendukung tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah jenis-jenis susu pertumbuhan:

  1. Susu pertumbuhan dari susu sapi

    Susu bubuk pertumbuhan yang satu ini memiliki formula yang berasal dari susu sapi yang mengandung kalsium, protein, karbohidrat dan lemak. Memberikan susu pertumbuhan ini mudah dicerna oleh si Kecil dibandingkan susu sapi biasa.

  2. Susu pertumbuhan dari susu kedelai

    Susu bubuk pertumbuhan ini tentunya berasal dari formula kedelai. Biasanya susu ini diperuntukkan untuk si Kecil yang alergi terhadap susu sapi atau adanya gangguan kesehatan lainnya seperti galaktosemia dan kekurangan laktase bawaan.

  3. Susu pertumbuhan tanpa gula

    Susu bubuk pertumbuhan ini diformulasikan tanpa mengandung laktosa atau gula. Gula di dalam susu jenis ini digantikan dengan sirup jagung. Memberikan susu pertumbuhan tanpa gula ini bisa dikonsumsi jika si Kecil mengalami gangguan ketidakmampuan mencerna laktosa. Maka, susu pertumbuhan tanpa gula bisa menjadi solusinya.

  4. Susu pertumbuhan hipoalergenik

    Selanjutnya, susu bubuk pertumbuhan ini adalah jenis susu formula yang mengandung protein dan mudah dicerna oleh si Kecil. Bayi yang memiliki alergi protein susu dan bayi prematur disarankan untuk meminum susu bubuk pertumbuhan hipoalergenik.

Tips Memilih Susu Bubuk

Memilih susu pertumbuhan tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terdapat beberapa hal yang perlu Bunda sesuaikan dengan kondisi si Kecil. Terlebih saat ini, di pasaran, semakin banyak produk susu yang menawarkan susu bubuk pertumbuhan dengan berbagai macam varian. 

Untuk itu, Bunda perlu lebih teliti dalam memilih susu bubuk pertumbuhan terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Nah, beberapa informasi di bawah ini bisa dijadikan acuan Ibu untuk memilih produk susu mana yang sesuai.

  1. Sesuaikan dengan usia anak

    Hal pertama yang harus ibu perhatikan adalah sesuaikan dengan usia pertumbuhan si Kecil, karena biasanya susu bubuk pertumbuhan yang ada dipasaran berbeda-beda tiap usianya. Bunda cukup perhatikan pada kemasan, akan ada usia khusus yang disarankan. Selain itu, pilihlah produk susu yang sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM bertugas untuk memastikan keamanan dari suatu produk yang beredar di pasaran. Maka, produk susu sudah mendapatkan izin edar BPOM otomatis produk tersebut sudah aman dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

  2. Cek komposisi dan nutrisinya

    Penting bagi Bunda untuk memeriksa komposisi dan nilai gizi produk susu. Apalagi jika membeli produk susu untuk anak-anak karena kandungan yang terdapat di masing-masing produk susu akan berbeda. Produk resmi yang beredar akan selalu mencantumkan komposisi dan nilai gizi yang dapat diketahui oleh konsumen. Perhatikan pula apakah si Kecil perlu asupan nutrisi lebih selain ASI untuk anak di atas 1 tahun? Berikut adalah beberapa nutrisi yang perlu Bunda perhatikan ketika memilih susu bubuk pertumbuhan:

    • Kalsium

      Kalsium merupakan mineral yang penting dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Susu bubuk dengan tinggi kalsium dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk membantu kepadatan tulang dan mempercepat pertumbuhan tulang si Kecil. Tidak hanya itu saja, susu yang mengandung kalsium juga berfungsi menguatkan tulang selama proses pertumbuhan.

    • Zat Besi

      Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel darah merah dan meregenerasi jaringan-jaringan pada tubuh si Kecil. Zat besi juga berperan dalam pembentukan haemoglobin yang berfungsi mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen tersebut berguna untuk pertumbuhan organ-organ tubuh bayi, salah satunya menghubungkan syaraf-syaraf otak. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia atau kekurangan sel darah merah yang menyebabkan gangguan kesehatan dan pertumbuhan terhambat.

    • Protein

      Kandungan pada susu bubuk terdiri atas whey dan kasein. Whey merupakan protein yang terlarut dalam serum susu, yang bermanfaat untuk menstimulasi asam lemak bebas namun tidak membuat kegemukan. Sedangkan kasein merupakan sumber asam amino dari suatu protein. Manfaat kasein adalah untuk pembentukan energy, antibody, serta mengatur pertumbuhan dan menjaga kekebalan tubuh si Kecil.

    • Omega 3

      Omega 3 terdiri atas kandungan DHA dan ARA. Omega 3 merupakan lemak yang sangat baik untuk kecerdasan dan perkembangan otak si Kecil. Omega 3 memiliki kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan penglihatan dan perkembangan otak si Kecil lewat kandungan DHA dan ARA.

    • Omega 6

      Asam lemak tidak jenuh Omega 6 ini berkaitan dengan Omega 3. Omega 6 ini memiliki kandungan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan kecerdasan otak si Kecil.

    • Minyak Ikan

      Minyak ikan memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat seperti Omega 3, vitamin A, vitamin D, dan zat besi. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk anak-anak yang sedang melalui masa pertumbuhan. Nah, Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan merupakan lemak tidak jenuh yang baik untuk kekebalan tubuh si Kecil. Omega 3 memiliki manfaat untuk perkembangan otak si Kecil dan untuk mendukung pertumbuhan.

  3. Pilih rasa yang disukai anak

    Rasa dalam susu bubuk sangat penting diperhatikan ketika Ibu akan memilih susu bubuk pertumbuhan. Jika Bunda mengetahui varian rasa susu yang disukai anak, maka dengan senang hati si Kecil pasti mau meminumnya. Hindari memaksa anak untuk minum susu dengan rasa yang tidak disukainya. Memaksakan anak minum susu bubuk hanya akan membuat anak semakin malas untuk meminumnya.

    Salah satu varian rasa yang menjadi favorit anak adalah rasa madu. Ibu bisa memberikan Susu Bendera 1Plus dengan GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Tersedia rasa madu yang pasti disukai si Kecil dengan harga yang lebih ekonomis.

Nah, tunggu apalagi Bu, saatnya bijak memilih susu pertumbuhan yang untuk memenuhi kebutuhan gizi lengkap dan tentunya tinggi kalsium dan protein. Berikan susu yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan si Kecil, terutama yang disukai si Kecil. Sebab, setiap anak memiliki karakternya masing-masing.

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Mitos dan Fakta Perkembangan Anak Usia Dini

Lihat

Perkembangan Kognitif Si Kecil di Usia 4-6 Tahun

Lihat

7 Manfaat Zat Besi dan Sumber Makanannya

Lihat

4 Manfaat Vitamin untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Lihat

Pentingnya GIZZICOMPLI dalam Kandungan Susu Pertum...

Lihat