Kesehatan | Wednesday 15 Jun 2022

Ingin Anak Sehat, Aktif, dan Cekatan? Begini Caranya!

Anak sehat tentunya berawal dari kebiasaan hidup sehat. Salah satunya dengan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang. Hal ini penting diperhatikan karena makanan memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan anak. Sehingga untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentunya diawali dengan asupan makanan yang sehat pula.

Lalu bagaimanakah cara untuk mendapatkan gizi seimbang?

Untuk mendapatkan gizi seimbang tidaklah rumit. Kunci gizi seimbang adalah dengan memberikan anak makanan yang beraneka ragam. Hal ini dimaksudkan agar nutrisi yang diterima oleh anak tidak hanya berasal dari satu jenis makanan. Semakin beragam jenis makanan, maka tubuh juga akan mendapatkan semakin banyak kandungan gizi yang beragam.

Pada gizi seimbang, konsumsi makanan dianjurkan untuk memenuhi minimal 3 kelompok jenis nutrisi makanan. Nah, jenis nutrisi tersebut seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral dan vitamin. Pada satu piring usahakan ada minimal 3 jenis nutrisi yang berbeda. Untuk proporsinya seperti berikut ini:

  • 50 % dari piring, terdiri atas sayuran dan buah-buahan
  • 25% dari piring, merupakan protein. Bunda bisa memilih sumber protein dari ayam, ikan, daging sapi atau kacang-kacangan.
  • 25% dari piring terdiri atas karbohidrat seperti nasi, gandum, atau pasta.
  • Penambahan minyak nabati, seperti minyak zaitun atau minyak kanola juga baik karena mengandung Omega 3.
  • Minum air putih yang cukup, jika minum susu bisa ditambahkan sebanyak 1-2 gelas setiap harinya. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung gula tinggi.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga turut mengampanyekan pemenuhan gizi seimbang. Untuk memenuhi gizi kebutuhan harian, pemerintah memberikan 10 pesan dasar yang menjadi Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Bunda bisa menggunakan PUGS sebagai acuan untuk memulai hidup sehat dan seimbang. Yuk, kita kenali 10 pesan dasar dari PUGS:

  1. Syukuri dan nikmati keanekaragaman makanan. Di sekitar kita terdapat banyak sekali ragam jenis bahan makanan. Mulai dari sumber nabati, hewani dan karbohidrat. Bunda bisa memberikan sumber makanan yang dengan bergantian setiap harinya.
  2. Pilihlah lauk pauk yang berprotein tinggi. Banyak pilihan sumber makanan tinggi protein baik itu hewani ataupun nabati. Makanan tinggi protein seperti telur, ikan laut, daging ayam, susu, kedelai dan lainnya, bisa menjadi pilihan sajian makanan untuk anak sehat.
  3. Konsumsi beragam sayuran dan buah. Sayuran dan buah mengandung banyak serat dan vitamin yang berguna bagi tumbuh kembang anak sehat.
  4. Pilih sumber karbohidrat yang beragam. Sebaiknya Bunda tidak hanya memberikan nasi saja sebagai satu-satunya sumber karbohidrat. Bunda bisa memberikan gandum, sereal, umbi-umbian sebagai pengganti nasi putih.
  5. Batasi konsumsi manis, asin dan berlemak tinggi sejak kecil. Bunda perlu sangat memperhatikan asupan makanan anak sehat, pastikan untuk memberikan nutrisi yang sesuai dengan proporsi yang dianjurkan.
  6. Biasakan sarapan karena sangat baik untuk kesehatan. Waktu yang tepat untuk sarapan adalah sebelum jam 9 pagi. Porsi yang dianjurkan untuk sarapan sekitar 15-30% dari kebutuhan makanan harian.
  7. Minum air putih yang cukup. Bunda, biasakan untuk anak mengonsumsi air putih cukup ya. Hal tersebut berguna untuk melancarkan sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh.
  8. Biasakan membaca label pada kemasan makanan. Teliti dengan komposisi label makanan adalah hal yang wajib dilakukan sebelum membeli dan memberikan kepada anak. Sebelum membeli pastikan kandungan yang ada pada makanan aman untuk dikonsumsi dan sesuai dengan panduan gizi seimbang.
  9. Cuci tangan sebelum makan dengan air mengalir. Hal ini untuk mencegah masuknya makanan melalui tangan. Karena mata kita memiliki keterbatasan untuk melihat kuman, maka sebaiknya cucilah tangan untuk menghindari dampak negatif paparan kuman pada tangan.
  10. Olahraga teratur dan jaga berat badan ideal. Nah, ajaklah anak sehat untuk berolahraga bersama-sama. Misalnya Bunda bisa mengajak anak untuk bermain di taman. Usahakan setiap hari ada kegiatan fisik yang dilakukan.

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Sehat dengan Susu

Mungkin Bunda sudah sering mendengar betapa pentingnya susu bagi tumbuh kembang anak sehat. Ternyata anggapan ini memang benar adanya lho, Bun. Sejak si Kecil lahir sampai masa tumbuh kembang, ia dianjurkan untuk minum susu secara rutin, mulai dari ASI hingga susu bubuk pertumbuhan. 

Hal tersebut dikarenakan susu mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang anak sehat. Beberapa nutrisi yang ada di dalam susu bubuk pertumbuhan di antaranya protein, karbohidrat, omega 3, omega 6, kalsium, zat besi, zinc, vitamin D, vitamin C, serta berbagai vitamin dan mineral lain.

Tak heran jika banyak pula anak sehat karena sudah dibiasakan minum susu sejak dini. Hal ini didukung oleh manfaat susu yang beragam, mulai dari meningkatkan pertumbuhan tulang, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mencegah penyakit, menjaga kesehatan mata, dan lain sebagainya. 

Nah, Susu Bendera 1Plus bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. Semua nutrisi penting tersebut bisa Bunda berikan kepada si Kecil untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang, tentunya dengan diimbangi oleh asupan makanan bergizi lainnya ya, Bun. 

Ciri Anak Sehat yang Perlu Bunda Ketahui

Berikut ini beberapa ciri anak sehat yang perlu Bunda ketahui, antara lain:

  1. Proses tumbuh kembang anak sehat sesuai tingkatan usia

    Ciri pertama anak sehat bisa terlihat dari proses tumbuh kembangnya yang sesuai dengan tingkatan usia. Maksudnya proses tumbuh kembang ini yaitu mencakup pertumbuhan fisik, kemampuan sensorik, motorik, kognitif, dan kemampuan lainnya. 

  2. Kebutuhan nutrisi anak sehat tercukupi dengan baik

    Anak sehat cenderung mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Hal ini bisa terlihat dari pola hidup sehari-hari dan grafik pertumbuhannya. Bunda bisa mengukur seberapa sehat si Kecil dengan mengacu pada Kartu Menuju Sehat (KMS) yang biasa ada di posyandu atau Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter. 

  3. Anak sehat dapat beradaptasi dengan lingkungan

    Indikator anak sehat selanjutnya yaitu dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Melansir laman resmi Greatschools.org, gambaran anak sehat dalam dunia pendidikan berkaitan dengan kemampuan anak untuk berkomunikasi dan melakukan aktivitas sehari-hari.

  4. Anak sehat memiliki nafsu makan yang baik

    Ciri anak sehat juga bisa terlihat dari nafsu makannya sehari. Ia cenderung tidak kekurangan ataupun kelebihan makan sehingga tumbuh kembangnya lebih optimal. Bunda sebaiknya mengetahui cara menghitung status gizi anak sehat yang sesuai dengan standar deviasi yang berlaku.

  5. Anak sehat biasanya aktif, cekatan, dan ceria

    Ciri anak sehat selanjutnya bisa terlihat dari pribadi yang aktif, ceria, dan cekatan. Karakteristik ini dapat muncul dalam berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dalam perkembangan si Kecil. 

  6. Anak sehat memiliki waktu tidur dan istirahat yang teratur

    Tumbuh kembang anak sehat sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur dan istirahatnya lho, Bun. Ini karena hormon pertumbuhan akan bekerja lebih optimal saat si Kecil tidur. Untuk itu, pastikan si Kecil memiliki waktu tidur yang teratur dan baik agar termasuk ke dalam anak sehat.

Bunda pasti ingin si Kecil lebih sehat, aktif, dan cekatan, bukan? Saatnya berikan ia asupan nutrisi berkualitas, termasuk Susu Bendera 1Plus. Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store