Edukasi | Tuesday 19 Apr 2022

8 Pola Hidup Sehat Agar Imunitas Anak Meningkat

Banyaknya penyakit yang muncul dan mengintai kesehatan si Kecil sepertinya sudah harus dicari jalan keluarnya. Seperti contohnya, anjuran untuk mengajarkan anak berperilaku hidup sehat sudah semestinya diajarkan kepada si Kecil sejak dini. Seperti yang dituliskan dalam buku Membangun Karakter Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh KEMENDIKBUD yaitu sebuah kebiasaan yang dilakukan berulang dari kecil, kemungkinan besar akan menjadi karakter yang akan mereka bawa sampai dewasa nanti.

Setiap orang tua memiliki kesempatan untuk membentuk anaknya untuk menjadi seorang individu yang baik seiring usia mereka semakin dewasa. Dengan hal ini, tentu sebuah kesempatan juga bagi tiap orang tua untuk menerapkan pola hidup sehat kepada si Kecil agar menjadi kebiasaan yang terus mereka bawa di kemudian hari.

Penting untuk menyadari, sebelum menerapkannya orang tua juga harus menjadikan pola hidup sehat menjadi kebiasaan bagi diri sendiri. Hal ini berguna untuk menjadi contoh nyata bagi anak-anak agar mereka meniru dan mengikutinya. 

Misalnya dengan melihat orang tuanya rajin makan sayur dan buah, si Kecil akan meniru dan mengikuti kebiasaan ini. Sama halnya dengan olahraga, jika orang tua rutin melakukan olahraga dan mengajak serta buah hati mereka, diharapkan anak akan mengikuti dan menjadikannya juga sebagai kebiasaan.

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat kepada si Kecil

Ada beberapa cara untuk mengubah perilaku hidup sehat. Namun tidak ada cara yang instan, harus dilakukan secara berulang hingga si Kecil paham kalau apa yang dilakukannya adalah hal yang sangat baik untuk dirinya. Berikut adalah cara untuk memulai kebiasaan agar si Kecil mempraktikkan perilaku hidup sehat:

  • Pola hidup sehat pertama; Rutin berolahraga

    Aktif berolahraga ini juga harus dicontohkan oleh orangtua kepada anak. Cukup olahraga yang sederhana seperti berjalan kaki di pagi hari, atau bersepeda mengitari taman.

    Penting untuk si Kecil melakukan aktivitas fisik setidaknya 1 jam dalam sehari untuk menjaga tubuh mereka agar tetap aktif.

    Olahraga tidak hanya membantu si Kecil dan orang tua untuk menjaga bobot tubuh, tapi ada manfaat penting untuk mengembangkan otak mereka juga. Jangan sampai lupa ya Bun jika waktu bermain dan berolahraga juga punya peran untuk perkembangan anak untuk semakin pintar.

  • Pola hidup sehat kedua; Tidur yang Cukup

    Perilaku hidup sehat juga dilatih dengan berfokus pada pola tidur si Kecil. Untuk anak berumur 3-5 tahun disarankan untuk tidur 10-13 jam sehari. Hal ini menjadi penting, seperti yang dilansir dari artikel kesehatan Health.com bahwa tidur yang cukup akan membuat si Kecil akan mendapatkan banyak manfaat seperti meningkatkan kreativitas, meningkatkan sistem imun, dan juga terhindar dari risiko terkena penyakit.

  • Pola hidup sehat ketiga; Memberi Menu Makanan Sehat untuk si Kecil

    Memilihkan makanan yang sehat untuk si Kecil adalah salah satu bentuk dari penerapan pola hidup sehat pada si Kecil. Sebab makanan yang orangtua akan berikan pada anak sekarang, bisa memengaruhi referensi makanan mereka saat tumbuh besar nanti.

    Memberikan makanan dengan gizi yang komplit dan seimbang adalah yang harus diperhatikan. Memperkirakan kandungan gula supaya tidak berlebih, dan juga memberinya makanan dengan vitamin dan juga protein. Segala macam yang berkaitan dengan pertumbuhan si Kecil harus diperhatikan.

    Memberi Susu Bendera bisa jadi salah satu cara menerapkan pola hidup sehat kepada si Kecil dalam hal memberi asupan sehat dan bernutrisi. Karena Susu Bendera mengandung rendah gula sekaligus dilengkapi GIZZICOMPLI yang merupakan pilihan tepat karena di dalamnya terdapat protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, hingga 13 vitamin dan 8. 

    Jangan lupa untuk membuat waktu makan menjadi agenda waktu keluarga. Dengan begitu, si Kecil akan terbiasa untuk menjalankan pola hidup sehat jika dilakukan bersama-sama dengan keluarganya.

  • Pola hidup sehat kelima; Berikan Cemilan Sehat

    Biasanya jika cemilan yang diberikan kepada si Kecil adalah makanan manis dengan kandungan gula yang berlebih, maka sudah saatnya diganti dengan cemilan-cemilan yang sehat seperti buah-buahan, biji-bijian atau makanan dengan olahan susu. Namun komposisi lemak dan gulanya tetap harus dijaga ya, Bun.

  • Pola hidup sehat keenam; Atur penggunaan Gadget pada si Kecil

    Meski perkembangan teknologi punya pengaruh yang juga baik untuk si Kecil, tapi jangan sampai hal ini menghambat pola hidup sehat mereka. Terkait hal ini, orang tua perlu untuk peduli dengan penggunaan gadget pada si Kecil. Jika dibiarkan dan tidak diberi aturan yang jelas, penggunaan gadget bisa menjadi adiktif bagi si Kecil. Segala aktivitas sehari-hari yang seharusnya mereka lakukan menjadi teralihkan, termasuk aktivitas yang masuk ke dalam pola hidup sehat. Mereka jadi terbiasa untuk berdiam diri dan tenang dengan gadget dan tidak banyak melakukan gerakan apalagi aktivitas fisik.

    Berikan aturan screen time yang baik dan pastikan untuk mengingat jika aktivitas fisik pengaruh baiknya juga banyak di usia belia si Kecil.

  • Pola hidup sehat ketujuh; Tidak Menjadikan Makanan Sebagai Hadiah 

    Untuk mengapresiasi pencapaian si Kecil; misalnya berperilaku baik, mendapat nilai yang bagus, dan sebagainya, sering kali orang tua menjadikan makanan kesukaannya untuk menjadi hadiah. Makanan kesukaan si kecil ini juga termasuk jenis makanan yang mungkin kurang baik dikonsumsi berlebihan, seperti; permen, junk food, dan lain-lain.

    Nah, jangan biasakan hal ini lagi ya Bun. Tindakan ini akan mengajarkan si Kecil jika makanan yang tidak sehat bisa jadi hadiah saat mereka berperilaku baik. Ganti hadiahnya menjadi alat tulis baru, pergi ke taman, atau pilihan hadiah lainnya yang berhubungan dengan pola hidup sehat.

  • Pola hidup sehat kedelapan; Rutin Minum Air Putih

    Terapkan pola hidup sehat ini untuk Bunda sendiri dan ajarkan si Kecil ya. Sejak dini mereka perlu tahu jika air putih adalah minuman utama dan terutama yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan menerapkan jenis pola hidup sehat ini juga, si Kecil akan mengerti ada kebutuhan cairan yang perlu dipenuhi oleh tubuh setiap harinya.

    Jika kebutuhan cairan si Kecil terpenuhi, organ tubuh mereka akan berfungsi dengan baik, pencernaan lancar, kulit terjaga kelembabannya, serta tingkat konsentrasi mereka jadi lebih baik.

Jika sudah memahami beberapa cara penerapan pola hidup sehat untuk si Kecil, mari lakukan dengan konsisten agar menjadi kebiasaan bersama di dalam keluarga ya Bun. Lakukan dari hal sederhana yang dampaknya sungguh berguna untuk kesehatan si Kecil dan keluarga. Daya tahan tubuh dan imunitas mereka akan terbangun dengan baik sehingga terhindar dari risiko penyakit atau pun infeksi.

Oh iya Bun, jika mau menyisipkan Susu Bendera dalam penerapan pola hidup sehat si Kecil, Bunda bisa dapatkan Susu Bendera dengan harga spesial, info selanjutnya klik di bawah ini ya!

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Yuk, Lakukan 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak S...

Lihat

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Anak Tidak Gam...

Lihat

Cara Mendidik Anak Agar Lebih Mandiri Saat Makan

Lihat

Apa Itu Nutrisi? Pahami untuk Tumbuh Kembang si Ke...

Lihat

Ini Pentingnya Membatasi Makanan Manis pada Si Kec...

Lihat