Nutrisi | Friday 29 Apr 2022

Jaga Kesehatan dengan 10 Makanan yang Mengandung Protein

Makanan yang mengandung protein kerap dipilih para pelaku diet atau siapapun yang ingin membentuk massa otot. Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung protein akan dipecah menjadi bagian-bagian kecil berupa nutrisi yang disebut asam amino. Nutrisi yang berasal dari makanan yang mengandung protein ini berperan penting dalam mendukung proses metabolisme tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta memproduksi sel-sel baru.

Di samping itu, jenis makanan yang mengandung protein ini juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta bayi dan balita untuk mendukung tumbuh kembangnya. Ada beragam makanan yang mengandung protein yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Di antaranya adalah protein dari hewan (protein hewani) dan protein dari tumbuhan (protein nabati).


Beberapa Manfaat Protein untuk Anak

Mengganti atau memperbaiki semua sel dan jaringan tubuh

Dalam tubuh, protein berperan untuk mengganti sel dan jaringan tubuh yang rusak. Sehingga keberadaan protein bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan.

Memproduksi zat yang diperlukan tubuh

Makanan yang mengandung protein juga berfungsi sebagai penghasil enzim yang bermanfaat bagi reaksi biokimia, serta hormon yang bertugas mengirim sinyal serta mengontrol proses biologis antara organ, jaringan, dan sel.

Menjaga imunitas tubuh si Kecil

Manfaat protein serta nutrisi-nutrisi lain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta meningkatkan imunitas anak.

Mengontrol nafsu makan

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein akan membuat anak merasa kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini akan membantu Bunda dalam mengontrol berat badan si Kecil.

Sumber energi

Protein, berikut vitamin dan mineral dapat membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang hilang setelah si Kecil aktif bergerak sepanjang hari. Tercukupinya protein membuat anak lebih aktif dan lincah bergerak sehingga terhindar dari lemas karena kekurangan energi.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat makanan yang mengandung protein untuk si Kecil dapat menjadi pondasi yang kuat di masa pembentukan serta menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Menguatkan otot

Makanan yang mengandung protein dapat membantu membangun kembali fungsi massa otot bagi si Kecil yang sangat aktif bergerak.

Memperbaiki sel otak

Asam amino yang terdapat di dalam makanan yang mengandung protein akan memperbaiki sel otak dan membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat si Kecil.

Berbagai Jenis Makanan yang Mengandung Protein

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi, baik dari hewan maupun tumbuhan:

1. Ikan dan makanan laut

Ikan merupakan salah satu pilihan makanan yang baik untuk mencukupi asupan protein si Kecil. Beberapa jenis ikan, baik ikan air laut maupun ikan air tawar, diketahui kayak akan kandungan protein dan omega-3. Di dalam 20 gram ikan salmon rata-rata mengandung 100 gram protein. Selain ikan salmon, makanan laut lain, seperti udang, cumi, dan gurita, juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun Bunda perlu lebih cermat membeli ikan atau makanan laut lainnya karena beberapa jenis ikan mengandung merkuri berbahaya.

2. Daging ayam

Daging ayam juga merupakan salah satu pilihan makanan yang mengandung protein. Daging ayam tergolong lebih murah dibandingkan dengan daging sapi. Selain juga karena rasanya yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Daging ayam juga mengandung selenium, kolin, dan vitamin B. Agar lebih sehat, pilihlah daging ayam tanpa lemak dan kulit, ya. Ini karena kulit ayam banyak mengandung kolesterol.

3. Daging tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung protein. Bagian daging sapi yang dimaksud seperti bagian has luar atau sirloin dan bagian panggul sapi atau gandik. Meskipun biasanya bagian daging ini masih mengandung sedikit lemak, tetapi kandungan proteinnya jauh lebih tinggi. Selain protein, daging sapi juga mengandung zat besi dan vitamin B yang berperan penting dalam mencegah anemia serta membentuk sel dan jaringan tubuh yang sehat.

4. Telur

Telur telah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung protein. Bukan cuma protein, telur juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, telur kerap dikonsumsi untuk menjaga berat badan, mempercepat proses penyembuhan, dan menjaga kesehatan jantung.

5. Produk olahan susu

Susu, keju, dan yoghurt merupakan produk olahan susu yang tinggi kandungan protein sekaligus kalsium dan vitamin D. Untuk memaksimalkan asupan protein bagi Anda yang sedang diet, pilihlah produk olahan susu rendah lemak. Dalam satu gelas susu rendah lemak biasanya terdapat 11 gram protein dan 2,5 gram lemak. Nah, Bunda bisa memberikan salah satu jenis makanan yang mengandung protein ini dengan Susu Bendera 3Plus untuk si Kecil yang sedang dalam proses tumbuh kembangnya.

6. Biji-bijian

Makanan yang mengandung protein selanjutnya adalah biji-bijian. Selain dikenal sumber protein nabati, biji-bijian juga termasuk makanan tinggi serat yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Hal ini tentu menjadi pilihan yang baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat. Salah satu jenis biji-bijian yang paling dikenal tinggi kandungan proteinnya adalah chia seed.

7. Kacang-kacangan

Kacang tanah dan almond termasuk jenis makanan yang mengandung protein berikutnya. Dalam satu gelas penuh berisi kacang almond, Bunda sudah bisa mendapatkan protein sebesar 30 gram. Selain itu, kacang tanah dan almond juga memiliki beragam nutrisi lain, mulai dari serat, magnesium, hingga vitamin E, yang terbukti dapat mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Sementara kacang kedelai misalnya, juga memiliki kandungan 9 jenis asam amino esensial yang baik bagi tumbuh kembangnya.

8. Brokoli

Jika dibandingkan dengan sayur jenis lain, brokoli termasuk salah satu sayuran yang memiliki kandungan protein nabati lebih tinggi. Dalam 100 gram brokoli, terdapat sekitar 2,5 gram protein. Kandungan lain dari jensi makanan yang mengandung protein ini yang tidak kalah bermanfaat bagi tubuh adalah serat, kalium, vitamin C, dan vitamin K.

9. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe juga termasuk makanan yang mengandung protein nabati yang terbuat dari kedelai. Meski proses pengolahannya berbeda, tahu dan tempe sama-sama kaya akan isoflavon, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas.

10. Jamur

Jamur juga menjadi salah satu makanan yang mengandung protein. Selain dikenal sebagai sumber protein dan serat yang rendah kalori, jamur juga mengandung beragam senyawa antioksidan serta mineral yang penting bagi tubuh, seperti selenium, zinc, kalium, magnesium, dan fosfor. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, ada beragam manfaat jamur yang bisa diperoleh, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mendukung pertumbuhan sel, hingga menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mengonsumsi beragam jenis jamur, seperti jamur shitake.

Selain fokus pada stimulasi dari luar, Bunda juga tetap perlu memberikan asupan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang si Kecil optimal. Nah, Susu Bendera 1Plus bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun. 

Source:

https://www.alodokter.com/cermat-memilih-makanan-yang-mengandung-protein

https://katadata.co.id/sortatobing/berita/610b98f57bf6f/37-makanan-yang-mengandung-protein-tinggi-untuk-kesehatan-tubuh

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

4 Alasan Memberikan Susu Rendah Gula pada Si Kecil

Lihat

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Lihat

9 Makanan Omega 3 Agar Anak Mandiri, Aktif, dan Ce...

Lihat

4 Panduan Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas...

Lihat

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak Mandiri, Aktif, d...

Lihat