Tumbuh Kembang | Wednesday 15 Jun 2022

Pentingnya GIZZICOMPLI dalam Kandungan Susu Pertumbuhan

Susu termasuk minuman yang banyak disajikan untuk segala usia. Ini semua karena kandungan susu kaya akan kandungan nutrisi dan protein yang baik bagi kesehatan tubuh terutama dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan susu pun telah terbukti memiliki manfaat yang baik bagi pertumbuhan si Kecil. Zat gizi dalam kandungan susu dalam susu pertumbuhan maupun susu murni misalnya, mampu menjadi tambahan asupan gizi untuk dukung tumbuh kembang si Kecil.

Sejak si Kecil lahir, konsumsi susu sudah diberikan sebagai sumber makanan utama yang berasal dari ASI. Kandungan susu pertumbuhan dapat diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizinya yang kian bertambah seiring pertambahan usia. Dalam kandungan susu pertumbuhan terdapat berbagai zat gizi yang penting untuk si Kecil, beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Protein

    Protein merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Protein dalam kandungan susu terdiri dari dua tipe yaitu whey dan kasein. Whey merupakan protein yang terlarut dalam serum susu. Whey bermanfaat untuk menstimulasi asam lemak bebas namun tidak membuat kegemukan. Sedangkan kasein adalah sumber asam amino dari suatu protein. Manfaat kasein adalah untuk pembentukan energi, antibodi, serta mengatur pertumbuhan pada tubuh si Kecil.

  • Kalsium

    Kalsium merupakan mineral yang penting dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Kandungan susu dengan tinggi kalsium dapat memberikan kandungan nutrisi yang cukup untuk membantu kepadatan tulang dan mempercepat pertumbuhan. Tidak hanya itu saja, kalsium juga berfungsi menguatkan tulang selama proses pertumbuhan.

  • Vitamin D

    Manfaat utama vitamin D adalah membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat. Selain itu, kandungan susu berupa vitamin D ini juga bersifat anti-inflamasi atau anti peradangan, antioksidan, serta neuroprotektif yang berperan mendukung kesehatan kekebalan tubuh, fungsi otot, kesehatan kulit, dan aktivitas sel otak.

  • Zinc

    Kandungan susu selanjutnya adalah zinc merupakan salah satu kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta proses metabolisme. Zinc adalah salah satu pembentuk material dan struktur sel, serta membantu menstabilkan membran sel dan DNA, sehingga mampu menjadi antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Fungsi pembentuk sel ini juga membantu zat besi untuk membentuk hemoglobin.

  • Zat Besi

    Kandungan susu yang penting berikutnya adalah zat besi. Zat besi dalam kandungan susu pertumbuhan merupakan komponen utama dari pembentukan hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah. Zat besi juga memiliki peran dalam proses metabolisme tubuh, pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel-sel tubuh, serta pembentukan hormon dan jaringan ikat.

  • Vitamin C

    Vitamin C atau dikenal juga sebagai asam askorbat juga ada dalam kandungan susu. Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangan tubuh si Kecil. Beberapa manfaat vitamin C adalah membantu membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, jaringan dalam tubuh anak, membantu gusi Si Kecil tetap sehat, memperkuat pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah, sehingga meminimalkan memar akibat terjatuh atau luka karena goresan. Vitamin C juga membantu menyembuhkan luka, mencegah infeksi, kesehatan kulit, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan.

  • Minyak Ikan

    Kandungan susu berikutnya adalah minyak ikan yang memiliki berbagai macam kandungan bermanfaat seperti Omega 3, vitamin A, vitamin D, dan zat besi. Nutrisi penting tersebut sangat bermanfaat untuk si Kecil yang sedang melalui masa pertumbuhan. Nah, Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan merupakan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh si Kecil. Omega 3, Vitamin A, Vitamin D, dan zat besi memiliki manfaat untuk perkembangan otak si Kecil dan memaksimalkan pertumbuhan.

Setiap kandungan dalam susu memiliki manfaat masing-masing bagi pertumbuhan si Kecil. Semua komponen saling melengkapi satu sama lain dan keseluruhannya dibutuhkan agar anak-anak dapat tumbuh dengan optimal. Meskipun kandungan susu sangat baik untuk si Kecil, Bunda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi dan disesuaikan dengan kondisi tubuh anak-anak.

Pentingnya Rutin Minum Susu

Kandungan susu yang kaya nutrisi sangat baik bagi pertumbuhan. Tubuh membutuhkan beragam nutrisi penting agar organ-organ dapat berfungsi dengan baik dan terlindungi dari zat atau kuman penyebab penyakit. Nutrisi secara umum terbagi menjadi dua, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi. Makronutrisi merupakan kelompok nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan, mikronutrisi merupakan kelompok nutrisi yang dibutuhkan tubuh hanya dalam jumlah kecil, yaitu vitamin dan mineral.

Dua nutrisi tersebut dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Sementara kandungan susu juga memiliki makronutrisi dan mikronutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Karena kandungan susu merupakan sumber nutrisi yang baik, maka mengonsumsi susu secara rutin sebagai upaya menjalani gaya hidup sehat.

Meski kandungan susu sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi susu secara berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi susu secara berlebihan tentu saja bisa memicu masalah kesehatan seperti alergi dan gangguan pernapasan. Oleh karena itu, cukup mengonsumsi susu sesuai kebutuhan harian si Kecil, ya, Bun.

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu?

Minum susu di masa kecil akan membentuk kebiasaan seseorang hingga dewasa kelak. Ada yang meminumnya di pagi hari saat sarapan atau di malam hari saat sebelum tidur. Namun, kapankah waktu terbaik minum susu?

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa minum susu rendah lemak di pagi hari bisa membantu kenyang lebih lama. Jadwal minum susu ini bisa mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi saat makan siang. Kandungan susu rendah lemak sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai gaya hidup sehat. Kandungan susunya meliputi kadar lemak rendah, yaitu sekitar 1,3% hingga 1,4%.

Susu murni juga dapat dijadikan pendamping saat sarapan sebagai pelengkap sereal atau oats, buah dan sayur. Sementara waktu minum susu terbaik yaitu saat malam hari. Sebab, kandungan susu asam amino triptofan dapat mendorong tubuh memproduksi serotonin dan melatonin yang dapat membantu tidur lebih nyenyak, menjaga tekanan darah, dan menstabilkan berat badan. Yang pasti, hindari memberikan susu kepada si Kecil saat mendekati waktu makannya.

Ada berbagai jenis susu pertumbuhan untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Mulai dari susu pertumbuhan yang formulanya dari susu sapi, kedelai hingga anti alergi. Bunda bisa memilih susu pertumbuhan yang sesuai dengan perkembangan anak dan tentunya dengan kandungan gizi yang lengkap yang lengkap.

Bunda bisa memberikan Susu Bendera 1Plus dengan GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Tersedia dalam rasa madu yang pasti disukai si Kecil! Yuk penuhi nutrisi penting si Kecil dari sejak awal pertumbuhannya.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Mitos dan Fakta Perkembangan Anak Usia Dini

Lihat

Perkembangan Kognitif Si Kecil di Usia 4-6 Tahun

Lihat

Sebelum Memilih Susu Bubuk, Perhatikan 3 Tips Ini!

Lihat

7 Manfaat Zat Besi dan Sumber Makanannya

Lihat

4 Manfaat Vitamin untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Lihat