Nutrisi | Wednesday 08 Jun 2022

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak Mandiri, Aktif, dan Cekatan

Mungkin Bunda sering mendengar tentang pentingnya manfaat minyak ikan untuk anak, terutama terhadap perkembangan otak dan kecerdasan si Kecil. Namun, sebenarnya apa itu minyak ikan, manfaat, dan sumber makanannya? Untuk mengetahui fakta tentang manfaat minyak ikan untuk si Kecil, kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Apa itu minyak ikan?


Minyak ikan merupakan ekstrak lemak ikan yang biasanya bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi ikan secara langsung, susu bubuk pertumbuhan, produk makanan, hingga suplemen tambahan. Meskipun manfaat minyak ikan cukup banyak, terkadang sebagian Bunda kesulitan untuk memberikan nutrisi ini pada si Kecil karena aromanya yang amis sehingga tak sedikit pula anak-anak yang enggan untuk mengonsumsinya. 

Manfaat minyak ikan juga bisa ditemukan dari hati ikan kod yang difermentasikan. Tahukah Bunda ketika jaman dahulu, minyak ikan kod ini digunakan oleh para peternak di Inggris utara untuk sumber makan hewan ternaknya dan hasilnya hewan ternak mereka begitu sehat. Melihat manfaat minyak ikan cukup baik bagi hewan ternaknya, kemudian para petani tersebut mengonsumsi untuk dirinya sendiri untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega 3 (ALA) yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Asam lemak omega 3 sangat dibutuhkan oleh si Kecil karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus Bunda dapatkan dari makanan yang mengandung minyak ikan. Omega 3 terbagi ke dalam beberapa jenis, termasuk DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic), keduanya merupakan jenis omega 3 yang memiliki banyak manfaat untuk si Kecil lho, Bun. 

Kandungan DHA dan EPA yang ada di dalam minyak ikan ternyata tidak hanya penting untuk otak, tetapi juga penting untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh secara keseluruhan agar si Kecil terhindar dari penyakit. 

Itulah sebabnya, manfaat minyak ikan untuk anak sangat penting untuk dikonsumsi sejak dini. Nah, Bunda tidak perlu khawatir karena nutrisi ini bisa Bunda dapatkan dalam susu pertumbuhan yang mengandung minyak ikan, omega 3 (ALA), dan omega 6 (LA), seperti Susu Bendera 1Plus.

Apa Saja Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak?


Berikut ini beberapa manfaat minyak ikan untuk kesehatan si Kecil, antara lain: 

  1. Meningkatkan kecerdasan

    Manfaat minyak ikan yang paling sering Bunda dengar pasti berkaitan dengan perkembangan otak si Kecil, ya? Ternyata manfaat yang satu ini memang benar lho, Bun. Itulah sebabnya, pemberian minyak ikan untuk anak sebaiknya sudah Bunda berikan sejak 2 tahun pertama kehidupan si Kecil.

    Hal tersebut dikarenakan pada 2 tahun pertama kehidupannya, otak si Kecil sedang berkembang dengan pesat sehingga harus didukung oleh berbagai nutrisi berkualitas, salah satunya adalah minyak ikan. 

    Manfaat minyak ikan berperan untuk membentuk bagian-bagian otak si Kecil yang dibutuhkan untuk berpikir, berkonsentrasi, mengambil keputusan, kreativitas, dan meningkatkan daya ingat. 

  2. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat minyak ikan yang tak kalah penting yaitu dapat membantu menjaga kesehatan jantung si Kecil. Penelitian yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa manfaat minyak ikan untuk anak tidak hanya berfokus pada kesehatan otak, tetapi juga penting untuk mencegah risiko penyakit jantung di kemudian hari. 

    Selain itu, manfaat minyak ikan juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit asma dan mengurangi peradangan. Tentunya Bunda harus menyeimbangkan pemberian nutrisi ini dengan asupan nutrisi lain agar sesuai batas normal dan tidak berlebihan ya, Bun. 

  3. Mendukung kesehatan mata

    Manfaat minyak ikan yang selanjutnya yaitu berperan penting terhadap kesehatan mata si Kecil. Retina mata membutuhkan asam lemak dalam jumlah yang cukup agar bisa berfungsi lebih optimal, di sinilah peran minyak ikan cukup penting untuk si Kecil.

    Meski begitu, minyak ikan bukan satu-satunya nutrisi yang penting untuk mata ya, Bun. Si Kecil juga tetap harus mengonsumsi nutrisi untuk mata lainnya, seperti protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan lain sebagainya.

    Selain pemberian minyak ikan dan nutrisi yang tepat, Bunda juga harus menerapkan pola hidup sehat dan aktif agar penglihatan si Kecil tetap sehat, misalnya Bunda tidak membiarkan si Kecil bermain gadget dalam waktu yang lama. Pastikan Bunda mengatur screen time saat si Kecil menggunakan gadget untuk kebutuhan belajar atau bermain. 

  4. Terhindar dari resiko kandungan merkuri

    Seperti yang Bunda ketahui, manfaat minyak ikan bisa didapatkan dari ekstrak lemak ikan. Namun, jenis ikan yang bisa dimanfaatkan minyak ikannya sebagian besar adalah ikan-ikan yang rawan terkena merkuri. Dengan mengonsumsi minyak ikan yang telah diolah dapat mengurangi resiko tersebut karena telah melewati berbagai proses penyaringan. Meskipun begitu, Bunda perlu tetap berhati-hati dalam memilih produk minyak ikan. Sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter sebelum si Kecil mengonsumsi suplemen minyak ikan.

  5. Membantu memperkuat pertumbuhan tulang

    Tahukah Bunda, ternyata manfaat minyak ikan juga berperan untuk membantu memperkuat pertumbuhan tulang si Kecil lho. Minyak ikan dengan kandungan vitamin D dapat membantu menjaga kepadatan tulang si Kecil.

    Manfaat omega 3 (ALA) sebagai nutrisi anti-inflamasi berperan dalam menjaga kesehatan sendi. Selain itu, asam lemak EPA dan DHA dalam minyak ikan juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kalsium pada tulang si Kecil. Meskipun manfaat minyak ikan baik bagi tulang, Bunda tetap harus memberikan si Kecil nutrisi lain, seperti protein, kalsium, vitamin D, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya. 

  6. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat minyak ikan yang lainnya yaitu dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh si Kecil agar terhindar dari penyakit lho. Ini karena kandungan asam lemak pada minyak ikan juga mengambil andil dalam peningkatan sistem imun si Kecil. Dengan mengonsumsi minyak ikan dapat melindungi tubuh dari serangan virus penyebab flu dan batuk.

  7. Mendukung kesehatan kulit

    Tahukah Bunda, ternyata manfaat minyak ikan juga dapat mencegah eksim si Kecil karena kulitnya yang masih sensitif. Penyakit eksim ini memicu gangguan pada tubuh si Kecil berupa rasa gatal dan ruam merah. Dengan mengonsumsi minyak ikan yang tepat, gejala eksim pada si Kecil bisa berkurang.

Baca juga: Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak dengan Makanan Ini

Perhatikan kebutuhan minyak ikan si Kecil secara tepat

Manfaat minyak ikan untuk anak memang banyak. Itulah sebabnya, nutrisi ini harus dikonsumsi secara rutin dengan dosis yang tepat. Karena perannya cukup penting bagi tumbuh kembang si Kecil, sebenarnya mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk si Kecil diperbolehkan dengan catatan Bunda harus konsultasi dahulu dengan dokter. 

Pemberian minyak ikan yang tidak tepat bisa berpengaruh terhadap kesehatan si Kecil. Hindari memberikan minyak ikan untuk anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah dan alergi terhadap ikan ya, Bun. 

Seperti yang sudah dijelaskan, Bunda bisa mendapatkan manfaat minyak ikan dengan mudah dari Susu Bendera 1Plus karena susu pertumbuhan ini mengandung GIZZICOMPLI yang termasuk minyak ikan, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), protein, vitamin D, kalsium, seng, zat besi, vitamin C, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya. Dengan begitu, si Kecil bisa mendapatkan manfaat minyak ikan dan nutrisi lainnya dengan baik sehingga tumbuh kembangnya lebih optimal.

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun. 

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

4 Alasan Memberikan Susu Rendah Gula pada Si Kecil

Lihat

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Lihat

9 Makanan Omega 3 Agar Anak Mandiri, Aktif, dan Ce...

Lihat

4 Panduan Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas...

Lihat

8 Manfaat Susu Tinggi Protein Bagi Pertumbuhan Ana...

Lihat