Tumbuh Kembang | Monday 18 Apr 2022

4 Manfaat Vitamin untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Anak-anak perlu mendapatkan nutrisi yang cukup untuk masa pertumbuhannya, salah satunya dari manfaat vitamin. Ragam asupan makanan dibutuhkan untuk memenuhi gizi yang seimbang, termasuk nutrisi berupa manfaat vitamin yang penting bagi pertumbuhan anak. Manfaat vitamin berperan sebagai zat pengatur dalam proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh anak. Manfaat vitamin bersama mineral dibutuhkan dalam proses pencernaan. Selain itu, kerja enzim dalam mengubah protein pada makanan agar mudah diserap oleh tubuh juga membutuhkan manfaat vitamin. Begitu juga dengan sistem perkembangan otak dan pembakaran energi pada tubuh si Kecil.

Akan tetapi, tidak semua anak dapat tercukupi kebutuhan nutrisinya, khususnya dari manfaat vitamin. Ada berbagai macam faktor seperti anak susah makan, kondisi medis tertentu, ataupun program diet. Kendala tersebut membuat anak kurang mendapatkan asupan manfaat vitamin yang cukup untuk proses pertumbuhannya. Anak yang terkendala rendahnya asupan sumber makanan yang masuk ke tubuhnya perlu tambahan asupan nutrisi untuk mencukupi kebutuhannya.

Multivitamin bisa menjadi salah satu jalan keluar bila terjadi kurangnya asupan gizi dan nutrisi pada si Kecil. Multivitamin bisa memberikan tambahan manfaat vitamin yang baik untuk tumbuh kembang anak, khususnya bagi anak yang memiliki gangguan makan ataupun anak dengan pertambahan berat yang terlambat. Oleh sebab itu, Bunda disarankan untuk menambahkan nutrisinya dengan konsumsi multivitamin.

Beberapa Jenis Vitamin

Kandungan multivitamin tentunya memiliki berbagai macam sumber vitamin. Bunda bisa melihat kandungan vitamin pada label kemasan. Berikut adalah beberapa manfaat vitamin yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak:

  • Vitamin A

    Vitamin A berguna untuk menjaga sistem kekebalan dan daya tahan tubuh anak. Pada sumber makanan, manfaat vitamin A ini bisa ditemukan pada produk susu dan sayuran hijau. Vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan penglihatan serta membuat kulit anak sehat karena kemampuannya membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Vitamin A bisa didapat dari beberapa makanan seperti hati, wortel, minyak ikan kod, kentang, bayam, telur, dan keju.

  • Vitamin B

    Terdapat beberapa jenis dan manfaat vitamin B. Beberapa di antaranya seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12. Secara keseluruhan, manfaat vitamin B adalah untuk proses metabolisme dan produksi energi setiap hari. Selain itu, vitamin B yang diberikan pada anak bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan memelihara sistem saraf. Pada makanan, manfaat vitamin B bisa didapatkan dari daging ayam, ikan, daging sapi, telur, susu, kedelai, dan jenis kacang-kacangan.

  • Vitamin C

    Vitamin C sangat baik untuk kebugaran anak, Ibu bisa mendapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Manfaatnya untuk daya tahan tubuh anak dalam menjaga kelenturan otot, perbaikan jaringan kulit. Selain itu, manfaat vitamin C juga mampu menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam sumber penyakit.

  • Vitamin D

    Keberadaan vitamin D pada tubuh anak berperan untuk penyerapan kalsium. Manfaat utamanya adalah menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi. Tercukupinya vitamin D pada tubuh dapat memadatkan tulang dan gigi, pertumbuhan tulang, dan terhindar dari pengeroposan atau osteoporosis di masa tua. Pada makanan, vitamin D dapat ditemukan pada minyak ikan, jamur, hati sapi, telur, dan susu.

  • Vitamin E

    Fungsi dan manfaat vitamin E yaitu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin yang bekerja sebagai antioksidan ini juga memperkuat sistem kekebalan dan daya tahan tubuh anak, menjaga kesehatan kulit, dan melindungi vitamin A dari molekul tertentu yang bisa merusaknya. Makanan kaya vitamin E sangat beragam, di antaranya minyak nabati, margarin, bulir biji utuh, dan mata gandum. Beberapa jenis sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, serta biji-bijian seperti kuaci juga mengandung vitamin ini.

Manfaat-manfaat Vitamin

Setelah mengetahui jenis-jenis vitamin, Bunda juga perlu mengetahui manfaat-manfaat vitamin yang penting bagi tumbuh kembang anak.

  1. Menjaga kesehatan mata

    Kandungan vitamin apa pun di dalam makanan sehat ternyata mengandung khasiat yang bisa menjaga sel-sel dalam mata.

  2. Meningkatkan mood

    Manfaat vitamin selanjutnya adalah bisa memperbaiki dan meningkatkan mood. Jika mood si Kecil sedang tidak bagus, Bunda bisa memberikan makanan yang mengandung vitamin, terutama vitamin C yang berguna untuk mempengaruhi perasaan dan menstabilkan mood.

  3. Memperbaiki jaringan sel kulit

    Kandungan vitamin berfungsi sebagai zat yang menangkal radikal bebas. Radikal bebas seperti pancaran sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, serta racun (toxin) yang terdapat dalam makanan merupakan musuh utama kesehatan kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit, zat antioksidan sangatlah dibutuhkan.

  4. Mencegah pilek

    Kandungan vitamin dalam buah atau makanan sehat lainnya bisa mengurangi pilek. Manfaat vitamin adalah juga mencegah serangan pilek menjadi komplikasi yang lebih serius seperti pilek kronis yang ujungnya menjadi infeksi saluran pernafasan.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Memberikan Multivitamin

Memberikan suplemen multivitamin tidak dapat sembarang diberikan kepada anak. Bunda perlu memperhatikan kandungan dan batas konsumsi harian si Kecil pula. Meskipun multivitamin baik untuk tambahan nutrisi anak, akan tetapi Bunda tidak dapat hanya mengandalkan multivitamin saja. Manfaat vitamin dan mineral yang paling baik tentu berasal dari sumber makanan langsung. Karena itu, Bunda tetap harus mendorong anak untuk menambah asupan makanannya.

Saat ini, ada banyak produk di pasaran yang menawarkan multivitamin dengan berbagai jenis, bentuk, dan rasa. Bunda bisa menyesuaikan untuk memberi multivitamin mana yang sesuai dengan kebutuhan anak. Selalu perhatikan komposisi pada label kemasan, karena banyak produsen yang malah terlalu banyak menambah gula supaya rasa lebih disukai anak.

Multivitamin memang baik untuk tubuh. Akan tetapi, sebaiknya Bunda tidak memberikan suplemen tersebut setiap hari. Bunda harus mengontrol pemberian multivitamin kepada si Kecil, terlebih yang berjenis kunyah seperti permen yang tentunya banyak anak menyukainya. Konsumsi suplemen yang berlebih malah dapat membuat keracunan, komplikasi, dan obesitas. Sebaiknya Bunda pun tetap menyimpan multivitamin di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

Nah, itulah tadi berbagai jenis dan manfaat vitamin yang banyak diperlukan oleh tubuh. Multivitamin bisa menjadi suplemen makanan yang baik untuk membantu anak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan tulang dan tubuh. Bunda juga bisa memberikan susu pertumbuhan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, lho. Susu pertumbuhan juga kaya akan manfaat vitamin yang berguna untuk pertumbuhan anak.

Manfaat vitamin ini juga bisa Bunda berikan kepada si Kecil dengan memberinya Susu Bendera 1Plus dengan GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin, dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian anak. Tersedia rasa madu yang pasti disukai anak dengan harga yang lebih ekonomis. Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Mitos dan Fakta Perkembangan Anak Usia Dini

Lihat

Perkembangan Kognitif Si Kecil di Usia 4-6 Tahun

Lihat

Pentingnya GIZZICOMPLI dalam Kandungan Susu Pertum...

Lihat

Susu Penambah Tinggi Badan, Efektifkah untuk Anak?

Lihat

Sebelum Memilih Susu Bubuk, Perhatikan 3 Tips Ini!

Lihat