Nutrisi | Tuesday 12 Apr 2022

Kenali Manfaat Vitamin pada Susu Bubuk Pertumbuhan

Bunda pasti sering mendengar betapa pentingnya manfaat vitamin bagi tubuh si Kecil, ya? Meskipun vitamin termasuk nutrisi mikro yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit dibanding nutrisi makro, tetapi si Kecil tetap membutuhkan manfaat vitamin untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. 

Bunda tidak perlu khawatir karena manfaat vitamin bisa didapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan yang diformulasi khusus anak-anak. Ya, susu bubuk pertumbuhan bukan hanya kaya akan nutrisi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak lho, tetapi di dalamnya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat.

Seperti yang diketahui ya, Bun, vitamin itu ada banyak jenisnya, mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D, E, dan K. Vitamin secara alami dapat diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh si Kecil. Umumnya, vitamin terbagi ke dalam dua jenis, yaitu vitamin larut lemak dan vitamin larut air. 

Vitamin larut lemak, seperti vitamin A, vitamin, D, vitamin E, dan vitamin K akan tersimpan di dalam jaringan hati dan lemak setelah diserap dari makanan. Sedangkan, vitamin larut air seperti vitamin C dan vitamin B kompleks kalau jumlahnya berlebih dalam asupan, maka akan dikeluarkan melalui urine dan feses sehingga tidak disimpan di dalam tubuh.

Lantas, apa saja manfaat vitamin yang terkandung dalam susu bubuk pertumbuhan? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya, Bun. 

Manfaat Vitamin dalam Susu Bubuk Pertumbuhan

Berikut ini beberapa manfaat vitamin yang bisa Bunda dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan, antara lain: 

Vitamin A

Manfaat vitamin A yang paling utama yaitu mendukung kesehatan mata dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin yang dikenal dengan nama retinol ini pun bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit, mendukung pertumbuhan gigi dan tulang, membantu mencegah risiko komplikasi perburukan penyakit campak, terutama pada anak-anak. Selain dalam susu bubuk pertumbuhan, si Kecil bisa mendapatkan manfaat vitamin A dari sumber alami, seperti wortel, bayam, ikan, telur, ikan, dan lain sebagainya. 

Vitamin B Kompleks

Seperti yang sudah disebutkan, vitamin B kompleks mencakup vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Pada dasarnya, semua vitamin B kompleks ini memiliki peranan penting di dalam tubuh si Kecil, misalnya saja manfaat vitamin B kompleks yaitu dapat mencegah infeksi, meningkatkan fungsi otak, menunjang produksi sel darah merah, meningkatkan energi, membantu proses pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung dan saraf. Bunda bisa mengoptimalkan manfaat vitamin ini dengan cara memberikan si Kecil susu bubuk pertumbuhan, telur, ayam, keju, yoghurt, buncis, kacang kedelai, kacang merah, pisang, jeruk, dan semangka. 

Vitamin C

Manfaat vitamin C juga tak kalah penting bagi kesehatan si Kecil, karena vitamin C termasuk salah satu nutrisi yang berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tulang, gigi, serta kulit. Selain itu, manfaat vitamin C juga dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi, membantu penyerapan zat besi, mempercepat proses penyembuhan luka, serta sebagai antioksidan. Si Kecil bisa mendapatkan manfaat vitamin C dari susu bubuk pertumbuhan, jeruk, jambu biji, tomat, stroberi, brokoli, dan kiwi. 

Vitamin D

Manfaat Vitamin D pada susu berperan penting untuk membantu tubuh pada proses penyerapan kalsium. Seperti yang Ibu telah ketahui, bahwa vitamin D bermanfaat untuk kepadatan tulang dan pertumbuhan gigi. Sehingga dengan memiliki cukup vitamin D dapat mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis ketika tua nanti atau rakhitis yang menyerang pada masa kanak-kanak. Selain itu, manfaat vitamin D juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Vitamin E

Manfaat vitamin E juga tak kalah penting lho, karena berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat vitamin ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pembuluh darah, dan mendukung kesehatan sel darah merah. Bunda bisa mengoptimalkan manfaat vitamin E dari susu, alpukat, minyak nabati, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan telur. 

Vitamin K 

Manfaat vitamin K berperan penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang, mengurangi risiko penyakit jantung, dan berperan dalam proses pembekuan darah. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan perdarahan yang sulit dihentikan. Tapi Bunda tidak perlu khawatir karena si Kecil bisa mendapatkan manfaat vitamin K dari susu, keju, yoghurt, sayuran hijau, dan kedelai. 

Itulah beberapa manfaat vitamin yang dapat mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil agar lebih aktif, mandiri, dan cekatan. Meski begitu, vitamin bukan satu-satunya nutrisi yang penting bagi si Kecil ya Bun, ia tetap harus mengonsumsi nutrisi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) dalam jumlah yang lebih banyak dan sesuai batas. Sebab, nutrisi makro sangat dibutuhkan oleh tubuh si Kecil agar bisa tumbuh dan berkembang lebih baik. 

Nah, salah satu nutrisi yang penting bagi si Kecil yaitu susu bubuk pertumbuhan. Memangnya apa saja manfaat susu bagi anak-anak? Yuk, intip informasi lengkapnya berikut ini! 

Manfaat Minum Susu Bubuk Pertumbuhan

Meminum susu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi susu setiap hari sangat dianjurkan dalam upaya memenuhi gizi harian anak. Secara umum susu memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

    Salah satu nutrisi yang paling banyak terkandung dalam susu bubuk pertumbuhan yaitu protein. Seperti yang diketahui, protein merupakan nutrisi makro yang berperan untuk membangun dan memelihara kesehatan tulang dan gigi. Selain protein, susu bubuk pertumbuhan juga mengandung kalsium, vitamin D, vitamin K, serta berbagai vitamin dan mineral lain yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi si Kecil. 

  2. Menjaga berat badan tetap ideal

    Meskipun banyak pihak menuding dengan meminum susu menyebabkan seseorang obesitas, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena obesitas memiliki berbagai macam faktor. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan dengan melakukan diet susu dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga masa otot.

  3. Memelihara kesehatan jantung

    Kesehatan jantung anak akan semakin baik, tentunya ini menjadi investasi besar untuk masa yang akan dating. Susu mengandung kalium dan sodium sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

  4. Membantu pemulihan dari sakit

    Susu mengandung berbagai vitamin yang dapat membantu tubuh mengembalikan sistem kekebalan tubuhnya. Jika anak sakit, Ibu bisa memberikan susu untuk bantu penuhi nutrisi si Kecil untuk dukung sistem imunnya sehingga penyembuhannya lebih cepat.

Untuk mendapatkan semua manfaat di atas, Bunda bisa lho memilih susu Susu Bendera 1Plus sebagai nutrisi pendukung untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Susu Bendera 1Plus mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Semua nutrisi penting tersebut bisa Bunda berikan kepada si Kecil untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun. 

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

7 Manfaat Vitamin D yang Penting Bagi Kesehatan Tu...

Lihat

Apa Saja Fungsi Kalsium dalam Tumbuh Kembang Anak?

Lihat

Jaga Kesehatan dengan 10 Makanan yang Mengandung P...

Lihat

4 Alasan Memberikan Susu Rendah Gula pada Si Kecil

Lihat

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Lihat