Tumbuh Kembang | Wednesday 08 Jun 2022

Cara Menambah Tinggi Badan Anak dengan Susu Pertumbuhan

Bunda pasti ingin melihat si Kecil tumbuh dengan optimal, kan? Sebenarnya banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak, termasuk cara menambah tinggi badan si Kecil agar lebih ideal. 

Meskipun dipengaruhi oleh faktor genetik (keturunan), tetapi menambah tinggi badan anak juga bisa Bunda maksimalkan dengan beberapa cara, salah satunya minum susu pertumbuhan yang tepat. Susu bubuk pertumbuhan mengandung berbagai nutrisi yang penting, sehingga penting bagi Bunda untuk memberikannya kepada anak sejak kecil. 

Sebab, anak yang kekurangan nutrisi secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama akan berisiko stunting. Berdasarkan data Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) pada tahun 2019, angka stunting di Indonesia mencapai 27,7%. Artinya, sekitar satu dari empat anak balita di Indonesia mengalami stunting lho, Bun. Maka dari itu, Bunda perlu mengetahui cara menambah tinggi badan anak dengan tepat. Lantas, seberapa penting peran susu pertumbuhan untuk menambah tinggi badan si Kecil. 

Sejak kecil, mungkin sebagian besar anak sudah diberikan susu, baik itu ASI maupun susu pertumbuhan. Keduanya mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah tinggi badan anak, beberapa di antaranya yaitu protein, kalsium, kalium, dan berbagai vitamin yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan massa tubuh si Kecil untuk menambah tinggi badannya. 

Seperti yang Bunda ketahui, pertumbuhan si Kecil tentunya dikaitkan dengan nutrisi yang diserap oleh tubuhnya. Semakin ia mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dan cukup, maka ia akan tumbuh dengan lebih maksimal. 

Begitu pula yang terjadi jika si Kecil telah diberikan asupan susu sejak kecil, maka tubuhnya pun dipastikan akan berkembang lebih baik dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan asupan nutrisi dari susu. Dengan begitu, Bunda sudah berusaha untuk menambah tinggi badan si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya. 

Nutrisi dalam Susu Pertumbuhan untuk Menambah Tinggi Badan


Seperti yang telah disebutkan, nutrisi dalam susu pertumbuhan bisa membantu menambah tinggi badan anak. Namun, sebenarnya apa saja nutrisi yang berpengaruh dalam hal ini? Ternyata susu pertumbuhan mengandung berbagai nutrisi yang berperan untuk menambah tinggi badan, di antaranya protein, karbohidrat, kalsium, vitamin D, zat besi, dan seng.

Tak hanya itu lho Bu, susu pertumbuhan juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk perkembangan otak, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mencegah penyakit jantung, meningkatkan kesehatan tulang, mata, gigi, dan lain sebagainya. Jadi, manfaat susu pertumbuhan tak sebatas untuk menambah tinggi badan anak saja ya, Bun.

Pemberian susu pertumbuhan yang tepat bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil secara keseluruhan. Nah, salah satu susu pertumbuhan yang bisa jadi pilihan Bunda yaitu Susu Bendera 1Plus dengan GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Semua nutrisi penting tersebut bisa Bunda berikan kepada si Kecil untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. 

Meski begitu, Bunda tetap perlu tahu bahwa untuk menambah tinggi badan, susu pertumbuhan bukan satu-satunya yang jadi faktor utama. Sebab, ada banyak faktor lain yang memengaruhi tinggi badan si Kecil, baik itu faktor genetik maupun lingkungan.

Tumbuh kembang si Kecil penting untuk dioptimalkan, terdapat faktor genetik dan asupan makanan seperti susu pertumbuhan yang dapat memengaruhi tubuh si Kecil. Meskipun pada susu terdapat nutrisi yang komplit, akan tetapi perlu diingat bahwa susu tidak dapat memengaruhi pertumbuhan si Kecil dengan mengubah genetiknya. 

Jadi, setiap anak akan memiliki hasil yang berbeda-beda meskipun mereka sama-sama mengonsumsi susu pertumbuhan. Sehingga Bunda perlu menyesuaikan susu pertumbuhan mana yang sesuai dengan kondisi si Kecil. Selain itu asupan makanan yang lain juga harus diseimbangkan dengan makanan bergizi seimbang, terutama yang mengandung vitamin D dan protein tinggi seperti daging, telur, sayur hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Namun, tidak ada salahnya Bunda memberikan si Kecil Susu Bendera 1Plus sebagai salah satu nutrisi untuk membantu menambah tinggi badan si Kecil, tentunya dengan diimbangi asupan makanan bergizi seimbang lainnya, olahraga, dan pola hidup sehat. 

Mengonsumsi susu berarti menambahkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tulang dan gigi akan berkembang dengan baik jika terpenuhi zat gizi seperti protein, kalsium dan fosfor. Begitupun ketika si Kecil telah mengalami pubertas, susu akan membantu perkembangan tubuhnya dengan maksimal. Selanjutnya, saat ia dewasa, susu juga dapat membantu mencegah adanya penyakit keropos tulang atau osteoporosis. 

Tips Menambah Tinggi Badan Anak dengan Cara Lain


Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk menambah tinggi badan si Kecil, di antaranya:

  • Memberikan makanan bergizi seimbang

    Sudahkah si Kecil mendapatkan makanan bergizi seimbang secara teratur? Pemberian makan sehat dan bergizi seimbang ternyata bisa menjadi salah satu cara menambah tinggi badan anak lho, Bun. 

    Itu artinya, Bunda bukan hanya memberikan si Kecil susu pertumbuhan untuk menambah tinggi badan, tetapi Bunda juga harus menambah asupan nutrisinya dari makanan bergizi lain, seperti ikan, telur, daging sapi, daging ayam, keju, yoghurt, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya. 

  • Ajak olahraga

    Selain minum susu dan mengonsumsi makanan bergizi, cara lain untuk menambah tinggi badan anak yaitu mengajaknya berolahraga secara rutin. Rutin berolahraga bisa memperkuat otot, tulang, dan menambah produksi hormon pertumbuhan (human growth hormone). Nah, hormon inilah yang berpengaruh untuk menambah tinggi badan anak. 

    Bunda bisa memilih jenis olahraga yang mudah dan sesuai kemampuan si Kecil, seperti renang, basket, lompat tali, dan sejenisnya. Pastikan Bunda memantau terus si Kecil saat sedang berolahraga, ya! 

  • Perhatikan jadwal tidur si Kecil

    Mengapa tidur bisa membantu menambah tinggi badan anak? Karena ketika tidur, tubuh si Kecil akan menghasilkan hormon-hormon penting, salah satunya hormon pertumbuhan yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. 

    Itulah sebabnya, Bunda perlu mencukupi waktu tidur si Kecil dengan tepat. Untuk anak yang berusia 1-2 tahun, sebaiknya tidur sekitar 11-14 jam, sedangkan anak berusia 3-5 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 10-13 jam. 

Nah, itu dia beberapa hal yang dipercaya dapat memengaruhi tinggi badan si Kecil. Meski demikian, setiap anak akan dipengaruhi oleh faktor genetik, jadi pertumbuhan masing-masing anak tidak bisa disamaratakan ya, Bun.

Akan tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena Bunda masih bisa mendukung tumbuh kembang si Kecil dengan cara memberikan ia susu Susu Bendera 1Plus dengan GIZZICOMPLI. Susu Bendera 1Plus tersedia dengan rasa madu yang lezat dan harga yang lebih ekonomis. Yuk, cari tahu lebih banyak seputar susu Bendera 1Plus di sini

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Mitos dan Fakta Perkembangan Anak Usia Dini

Lihat

Perkembangan Kognitif Si Kecil di Usia 4-6 Tahun

Lihat

Sebelum Memilih Susu Bubuk, Perhatikan 3 Tips Ini!

Lihat

7 Manfaat Zat Besi dan Sumber Makanannya

Lihat

4 Manfaat Vitamin untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Lihat