Edukasi | Wednesday 15 Jun 2022

Yuk, Lakukan 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini

Penting bagi Bunda untuk mengetahui cara meningkatkan daya ingat si Kecil agar ia tumbuh cerdas, aktif, dan cekatan. Mengapa hal ini penting? Sebab, otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengatur seluruh fungsi organ tubuh, salah satunya daya ingat. 

Oleh karena itu, Bunda sebaiknya paham cara meningkatkan daya ingat si Kecil agar ia bisa berpikir dan mengingat pelajaran di sekolah. Apalagi untuk anak yang masih berusia 1-3 tahun, sebaiknya Bunda mengoptimalkan daya ingat mereka dengan berbagai nutrisi dan stimulasi penting. Walaupun setiap anak memiliki daya ingat yang berbeda-beda, Bunda tidak perlu khawatir karena cara meningkatkan daya ingat bisa dilakukan oleh berbagai hal. 

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak?


Melansir laman resmi Babble, ingatan jangka pendek anak umumnya hanya bisa menyimpan fakta sekitar lima menit, sedangkan ingatan jangka panjangnya mampu menyimpan fakta seumur hidup. Ingatan jangka panjang ini terdiri atas kebiasaan yang sering dilakukan, seperti kemampuan belajar, pengetahuan umum, dan pengalaman pribadi.

Nah, berikut ini beberapa cara meningkatkan daya ingat anak yang bisa Bunda lakukan untuk mengoptimalkan daya ingat jangka panjang si Kecil, antara lain: 

  1. Bermain sambil belajar

    Bermain termasuk cara meningkatkan daya ingat yang paling disukai anak-anak. Untuk melakukannya, Bunda bisa melakukan aktivitas menyenangkan bersama si Kecil, misalnya mengajak ia bermain puzzle. Permainan ini bukan hanya seru, tetapi juga mengasah otak si Kecil untuk mencari solusi, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan lainnya. Selain puzzle, cara meningkatkan daya ingat juga bisa dilakukan saat bermain flash card, balok susun, mewarna dan menggambar, permainan menempelkan angka, dan lain-lain. 

  2. Baca buku dan bercerita bersama

    Sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat anak, kegiatan bercerita bersama cukup efektif dan menyenangkan untuk dilakukan lho, Bun. Bunda bisa membacakan dongeng yang seru sebelum tidur. Saat itu, Bunda bisa mengajak si Kecil untuk kembali mengingat jalan cerita, nama tokoh, nama tempat, dan hal lainnya. Dengan melakukan pengulangan, si Kecil akan terbiasa mendengar dan merekamnya ke dalam memori. 

    Baca juga: 9 Makanan Omega 3 Agar Anak Mandiri, Aktif, dan Cekatan

  3. Lakukan aktivitas fisik

    Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik ternyata bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat manusia. Itulah sebabnya, Bunda perlu mengajak si Kecil untuk rutin melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan, seperti bersepeda, bermain bola, lari, menari, berenang, dan lain sebagainya. 

    Selain penting sebagai cara meningkatkan daya ingat, aktivitas fisik juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan motorik, sensorik, interaksi sosial, serta tumbuh kembangnya secara keseluruhan. 

  4. Ajak si Kecil bernyanyi

    Tahukah Bunda, ternyata kegiatan bernyanyi bersama pun termasuk salah satu cara meningkatkan daya ingat si Kecil yang menyenangkan lho. Selain lagu-lagu anak, Bunda juga bisa menyanyikan kegiatan sehari-hari, seperti menyanyikan cara menggosok gigi dan mengikat tali sepatu. Jangan lupa ajak juga si Kecil untuk menari dan bertepuk tangan agar menambah kegembiraan dan semangatnya.

    Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, perlahan si Kecil pasti akan mencoba menirukan nada dan lirik lagi yang sering dinyanyikan, serta mengingat informasi yang ada dalam lagu tersebut. Cukup menyenangkan kan, Bun?

  5. Cukupi waktu tidur dan istirahat

    Sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern University menunjukkan bahwa tidur yang cukup merupakan kunci mempertahankan daya ingat. Sebab, selama tidur otak menyimpan hal-hal penting yang sudah dipelajari selama seharian. Oleh karena itu, pastikan si Kecil mendapatkan kualitas tidur dan istirahat yang baik setiap harinya ya, Bun. 

    Selain penting untuk perkembangan otak, waktu tidur yang cukup juga berpengaruh terhadap pertumbuhan si Kecil. Ini karena saat tidur, hormon pertumbuhan akan bekerja lebih maksimal. Jika si Kecil kurang tidur dan tidak mendapatkan asupan nutrisi berkualitas, bisa jadi tumbuh kembangnya akan terhambat. 

    Baca juga: 4 Panduan Gizi Seimbang untuk Tingkatkan Imunitas Anak

  6. Berikan nutrisi yang tepat

    Cara meningkatkan daya ingat anak yang tak kalah penting yaitu mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil. Pemberian makanan yang bergizi pada nyatanya berperan untuk perkembangan otak, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan konsentrasi si Kecil. 

    Pastikan Bunda memberikan berbagai nutrisi secara rutin, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, serat, serta berbagai vitamin dan mineral. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Bunda berikan sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat si Kecil, di antaranya:

    • Susu bubuk pertumbuhan

      Salah satu cara meningkatkan daya ingat si Kecil dengan mudah yaitu memberikan ia susu bubuk pertumbuhan yang mengandung protein, omega 3, omega 6, dan minyak ikan. Nutrisi tersebut berperan penting untuk perkembangan otak si Kecil. Nah, Bunda bisa mendapatkan semua nutrisi tersebut dalam Susu Bendera 1Plus

    • Telur

      Selain lezat dan mudah diolah, ternyata telur memiliki banyak manfaat yang penting lho, salah satunya sebagai cara meningkatkan daya ingat si Kecil. Telur mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk otak, seperti protein, omega 3, omega 6, kolin, dan lain sebagainya. 

    • Ikan

      Bunda juga bisa memberikan olahan ikan sebagai salah satu cara meningkatkan daya ingat si Kecil. Ada banyak jenis ikan yang bisa dipilih, mulai dari ikan tuna, salmon, mackerel, nila, bandeng, dan lain-lain. Ikan termasuk sumber protein hewani yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil agar lebih optimal. 

    • Daging

      Bosan dengan olahan telur dan ikan? Bunda bisa memberikan si Kecil daging sapi atau ayam sebagai nutrisi untuk meningkatkan daya ingat. Bunda bisa memilih daging rendah lemak agar lebih sehat. Selain mendukung perkembangan otak, daging juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, memperkuat tulang, dan lain-lain. 

    • Sayur dan buah

      Selain dari sumber hewani, Bunda juga perlu menyeimbangkan asupan nutrisi si Kecil dari sumber nabati, seperti sayuran dan buah-buahan. Kedua makanan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang mendukung cara meningkatkan daya ingat si Kecil. Ada banyak jenis sayur dan buah yang bisa Bunda pilih, seperti brokoli, kembang kol, pakcoy, tomat, kale, selada, pisang, alpukat, stroberi, mangga, jeruk, dan lain sebagainya. 

    Kandungan nutrisi dari makanan di atas memang terbilang baik sebagai cara meningkatkan daya ingat si Kecil. Beberapa kandungan nutrisi tersebut juga bisa Bunda temukan dalam Susu Bendera 1Plus karena mengandung GIZZICOMPLI yang termasuk protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. 

Pastikan Bunda melakukan cara-cara sederhana di atas secara rutin agar dapat mengoptimalkan daya ingat si Kecil. Bunda juga bisa memberikan si Kecil Susu Bendera 1Plus secara rutin sebagai nutrisi pendukung. 

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Anak Tidak Gam...

Lihat

8 Pola Hidup Sehat Agar Imunitas Anak Meningkat

Lihat

Cara Mendidik Anak Agar Lebih Mandiri Saat Makan

Lihat

Apa Itu Nutrisi? Pahami untuk Tumbuh Kembang si Ke...

Lihat

Ini Pentingnya Membatasi Makanan Manis pada Si Kec...

Lihat