Umum | Wednesday 22 Sep 2021

Menyapih Seperti Ini Membuat Anak Tidak Rewel

Menyapih merupakan fase lanjutan untuk tumbuh kembang anak setelah melewati tahapan ASI Eksklusif. Tujuannya adalah agar anak bisa mulai mengonsumsi makanan padat.  Namun sayangnya, menyapih anak tidak semudah yang diperkirakan sehingga Bunda harus memikirkan cara yang baik agar tidak menimbulkan trauma bagi si Kecil.


Sebelum langsung menyapih, ada baiknya untuk Bunda memperhatikan apakah si Kecil sudah siap atau belum. Tanda-tandanya biasanya terlihat tidak ingin menyusu, anak menjadi mudah teralihkan ketika menyusu, dan durasi menyusu yang singkat. Biasanya akan lebih mudah untuk menyapih jika si Kecil dalam kondisi seperti ini.


Namun tidak semua berlaku seperti itu. Cara lainnya adalah dengan perhitungan berdasarkan umur apakah seorang anak sudah bisa disapih. Menginjak enam bulan setelah rekomendasi ASI Eksklusif telah selesai adalah usia yang memperbolehkan anak untuk disapih. Hal-hal berikut yang harus disiapkan Bunda ketika akan menyapih si Kecil.


  1. Lakukan Secara Perlahan

Jangan secara mendadak langsung tidak memberikan ASI kepada anak karena hal tersebut yang akan membuatnya rewel. Apa lagi hal ini juga termasuk dalam mengubah kebiasaan. Disarankan untuk memberikan waktu yang cukup supaya bisa menyapih secara bertahap.


  1. Persingkat Waktu Menyusui

Bunda mungkin bisa mengurangi waktu menyusui dari kebiasaan si Kecil menyusu. Jika biasanya waktu menyusu sekitar 15 menit bisa dikurangi menjadi 10 menit dan sebagainya.


  1. Kurangi Frekuensi Menyusui

Kurangi jadwal menyusu untuk si Kecil dalam sehari. Butuh keahlian dari Bunda untuk bisa mengalihkan perhatian si Kecil jika sedang meminta susu. Biasanya dengan cara menunda, atau gunakan berbagai cara agar si Kecil lupa.


  1. Kenalkan Anak Pada Botol Susu

Memberikan si Kecil botol susu merupakan cara supaya mengurasi frekuensi menyusu pada anak, dan membuatnya terbiasa dan menyesuaikan diri untuk menerima perubahan.


  1. Berikan si Kecil Asupan Tambahan 


    Menyiapkan asupan tambahan setelah menyapih merupakan sesuatu yang baik untuk dilakukan. Mulai dari memberikannya semacam cemilan sehat atau yang lainnya. Salah satu yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memberikan si Kecil susu pertumbuhan, yaitu Susu Bendera 1Plus. Dengan dilengkapi GIZZICOMPLI dari protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, hingga 13 vitamin dan 8 mineral, Susu Bendera sudah terbukti lengkap nutrisinya dan jadi pilihan tepat bagi para Bunda untuk menjaga tumbuh kembang si Kecil.


Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Syarat dan Ketentuan #PilihSusuBendera periode 2

Lihat

Syarat dan Ketentuan #PilihSusuBendera

Lihat

Syarat dan ketentuan Susu Bendera first purchase A...

Lihat

Anak Semakin Aktif? Bekali Ia Dengan Vitamin Ini!

Lihat