Tumbuh Kembang | Wednesday 13 Apr 2022

7 Manfaat Zat Besi dan Sumber Makanannya

Manfaat zat besi adalah salah satu hal terpenting dalam masa tumbuh kembang anak. Masa tumbuh kembang ini pun selalu dikaitkan dengan pemenuhan nutrisi, seperti mendapatkan manfaat zat besi, yang cukup untuk si Kecil. Memperhatikan kebutuhan nutrisi si Kecil menjadi hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Memberikan asupan makan dengan gizi seimbang menjadi salah satu cara untuk memastikan si Kecil mendapatkan nutrisi lengkap. Asupan gizi yang seimbang dalam makanan terdiri atas protein, mineral, vitamin, dan manfaat zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah zat besi. Manfaat zat besi merupakan komponen penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Fungsi zat besi berperan dalam memproduksi sel darah merah dan menyusun pembentukan hemoglobin yang akan meningkatkan kadar oksigen. Pembentukan hemoglobin tersebut akan menyalurkan dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga organ-organ tubuh akan mendapatkan oksigen yang berguna dalam memperlancar aktivitas si Kecil. Sejalan dengan itu, apa saja manfaat salah satu mineral seperti halnya zat besi?

Apa saja manfaat zat besi?

Untuk merasakan manfaat zat besi secara optimal, Anda perlu mencukupi asupan zat besi setiap harinya. Jika tubuh kekurangan zat besi, hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit. Inilah beberapa manfaat zat besi.

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

    Manfaat zat besi di antaranya adalah dapat meningkatkan kecerdasan otak. Tercukupinya pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen akan membuat otak si Kecil bisa berkembang dan bekerja dengan maksimal. Sehingga dapat mengoptimalkan terhubungnya syaraf-syaraf pada otak yang berpotensi untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil. 

    Selain itu, tercukupinya manfaat zat besi untuk otak juga penting dalam menjaga daya ingat, kemampuan berpikir akan meningkat serta membuat si Kecil lebih mudah mempelajari hal-hal baru.

  2. Meningkatkan produksi kolagen

    Fungsi zat besi berperan penting dalam sistem enzimatik dalam tubuh si Kecil. Kolagen sangat bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Dengan mendapatkan manfaat zat besi yang cukup dapat membuat tulang semakin padat dan terhindar dari resiko pengeroposan tulang.

  3. Terhindar dari anemia

    Kekurangan manfaat zat besi atau anemia tidak hanya terjadi pada usia dewasa. Si Kecil juga bisa mengalami kekurangan zat besi ini, lho, Bunda. Anemia dapat membuat si Kecil terganggu pertumbuhan organnya. Si Kecil akan terlihat pucat, kurang bertenaga, tidak nafsu makan dan detak jantung tidak normal. Maka, penting untuk memberi asupan zat besi yang cukup dengan mempertimbangkan manfaat zat besi yang baik untuk tumbuh kembangnya.

  4. Mencegah kerontokan rambut

    Fungsi zat besi sangat penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut. Jika terjadi kerontokan rambut bisa jadi faktor penyebabnya adalah kurangnya asupan zat besi yang cukup pada tubuh si Kecil. Sehingga Ibu perlu memberikan tambahan asupan yang kaya akan zat besi serta manfaat zat besi pada makanannya dan berkonsultasi ke ahli medis.

  5. Terhindar dari resiko kesehatan bayi dalam kandungan

    Memenuhi kebutuhan zat besi sangat diperlukan ketika bayi masih dalam kandungan, Ibu hamil perlu mendapatkan asupan zat gizi yang lebih banyak untuk tumbuh kembang janin. Mengalami kekurangan zat besi dapat menyebabkan risiko bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah dan risiko kematian bayi yang baru lahir.

  6. Mengoptimalkan perkembangan kognitif anak

    Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat zat besi memiliki peranan penting dalam perkembangan otak, sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif anak. Sebaliknya, kekurangan zat besi pada anak dapat berdampak negatif pada kecerdasan, kemampuan berbicara dan berbahasa, maupun perilaku anak.

  7. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Salah satu manfaat zat besi dapat mendukung imunitas anak agar tidak gampang sakit. Manfaat zat besi yang satu ini yang tak kalah penting demi meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh si Kecil. Dengan imunitas yang baik, tubuh pun tetap sehat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.

    Mengetahui berbagai manfaat zat besi yang sangat penting bagi tumbuh kembang si Kecil tentunya akan membuat Bunda semakin bersemangat untuk terus memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Nah, berapa sih kebutuhan zat besi harian pada anak? Berikut informasinya untuk Bunda:

Kelompok Umur Zat Besi (mg/hari)
Infant 0-6 bulan 0,27
  7-12 bulan 11
Anak-anak 1-3 tahun 7
  4-8 tahun 10
sumber: zywielab.com/kategori/zat-besi


Meskipun begitu, kebutuhan akan manfaat zat besi pada tiap anak akan berbeda-beda, tergantung aktivitas dan kebutuhan tubuh si Kecil. Pada bayi, kadar sel darah merah harus lebih dari 11 mg, jika kadar selnya kurang dari itu diperlukan terapi dengan manfaat zat besi lebih lanjut. Oleh karena itu, pembentukan sel darah merah sangat penting.


Tips memenuhi kebutuhan zat besi pada si Kecil

  • Berikan asupan makanan yang kaya akan zat besi

    Manfaat zat besi banyak ditemukan pada bahan makanan baik itu nabati maupun hewani. Selain memberikan suplemen zat besi, Ibu bisa memberikan tambahan manfaat zat besi dari asupan makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan tersebut misalnya hati sapi atau ayam, daging merah tanpa lemak, tiram, udang, ikan tuna, daging ayam, telur, brokoli, bayam, kacang kedelai, tahu, dan buah buahan seperti kurma dan kismis.

  • Seimbangkan dengan asupan vitamin C

    Supaya manfaat zat besi yang masuk ke dalam tubuh terserap dengan baik, Bunda bisa memberikan sumber vitamin C pada makanan si Kecil. Vitamin C berguna untuk membantu menyerap salah satu mineral, seperti zat besi pada tubuh.

  • Batasi jumlah susu cair

    Sebaiknya minum susu jangan bersamaan dengan makan, terutama sumber makanan yang tinggi akan manfaat zat besi. Hal ini dikarenakan zat besi akan kurang maksimal diserap oleh tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan susu.

  • Berikan cemilan yang kaya akan zat besi

    Di sela-sela jadwal makan berat si Kecil, berikan cemilan sehat yang tinggi zat besi seperti buah-buahan dan sereal. Susu Bendera 1Plus bisa jadi pendamping camilan yang tepat karena mengandung GIZZICOMPLI yang mengandung seng, zat besi, dan vitamin C.

Manfaat zat besi sangat penting terhadap perkembangan fungsi organ dan kesehatan si Kecil. Terdapat berbagai sumber makanan nabati dan hewani yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi bagi si Kecil. Ibu harus terus memperhatikan kecukupan gizi si Kecil dan jika perlu ibu bisa juga berkonsultasi dengan ahli gizi ya, Bu.

Nah, untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, Bunda membutuhkan susu bubuk pertumbuhan sebagai nutrisi tambahan untuk si Kecil. Susu Bendera 1Plus bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan, serta 13 vitamin dan 8 mineral. Semua nutrisi penting tersebut bisa Bunda berikan kepada si Kecil untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian dan gizi seimbang, tentunya dengan diimbangi oleh asupan makanan bergizi lainnya ya, Bun.

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Mitos dan Fakta Perkembangan Anak Usia Dini

Lihat

Perkembangan Kognitif Si Kecil di Usia 4-6 Tahun

Lihat

4 Manfaat Vitamin untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Lihat

Pentingnya GIZZICOMPLI dalam Kandungan Susu Pertum...

Lihat

Susu Penambah Tinggi Badan, Efektifkah untuk Anak?

Lihat