Nutrisi | Wednesday 13 Apr 2022

8 Manfaat Susu Tinggi Protein Bagi Pertumbuhan Anak

Susu tinggi protein merupakan salah satu sumber makanan yang sangat baik bagi pertumbuhan si Kecil. Pasalnya, susu tinggi protein mengandung nutrisi lengkap yang membantu pembentukan organ tubuh si Kecil seperti tulang, gigi, dan syaraf otak. Selain itu susu tinggi protein juga mampu menjaga daya tahan tubuh si Kecil supaya terhindar dari ancaman penyakit.

Tahukah Bunda, susu tinggi protein memiliki kandungan 87 persen air dan sisanya adalah zat padatan? Zat padatan pada susu tinggi protein tersebut terdiri dari sumber protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Nah, kandungan pada produk susu terbagi atas dua yaitu memiliki kandungan whey (20 persen) dan memiliki kandungan kasein (80 persen). Keduanya sama-sama memiliki peran yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil.

Whey merupakan protein yang terlarut dalam serum susu tinggi protein. Sumber protein ini bermanfaat untuk menstimulasi asam lemak bebas namun tidak membuat kegemukan. Sedangkan kasein adalah sumber asam amino dari suatu protein. Manfaat sumber asam amino dalam kasein ini adalah untuk pembentukan energi, antibodi, serta mengatur pertumbuhan pada tubuh si Kecil.

Oleh karena kebutuhan akan sumber protein untuk setiap anak akan berbeda-beda, Bunda bisa mengukur kebutuhan protein dengan rumus 1 gram protein per berat badan si Kecil. Pada awal usia, bayi mendapatkan asupan protein terbaik dari ASI. Hingga kemudian setelah lebih dari 6 bulan, si Kecil memasuki tahap MPASI sehingga terkadang diberikan nutrisi tambahan, salah satunya dengan minum susu selain ASI. Terdapat berbagai macam jenis susu tinggi protein, seperti ASI, susu sapi, susu kambing, susu almond, produk susu pertumbuhan, dan sebagainya. Tiap jenis susu tinggi protein tersebut mengandung nilai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Pada dasarnya, produk susu mengandung nutrisi seperti protein, mineral, dan berbagai vitamin.

Anak-anak memiliki kebutuhan protein harian yang disesuaikan dengan usia. Untuk mengetahui jumlah kebutuhan protein si Kecil, berikut acuan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang bisa Bunda ikuti:

  • Usia 0-6 bulan: 12 gram
  • Usia 7-12 bulan: 18 gram
  • Usia 1-3 tahun: 26 gram
  • Usia 4-6 tahun: 35 gram


Manfaat Protein untuk Pertumbuhan Si Kecil

Nah, demi memenuhi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan anak, Bunda bisa memberikan susu tinggi protein. Terlebih untuk anak yang telah disapih, ia membutuhkan asupan protein terbaik lebih banyak untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Berikut adalah manfaat protein untuk pertumbuhan si Kecil.

1. Mengganti atau memperbaiki semua sel dan jaringan tubuh

Dalam tubuh, protein berperan untuk mengganti sel dan jaringan tubuh yang rusak. Sehingga keberadaan protein bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan. Kekurangan protein dapat membuat si Kecil tumbuh kurang optimal. Karena itu, Bunda bisa mulai memberikan susu tinggi protein kepada si Kecil. Jenis susu ini bisa didapatkan dari susu sapi, susu kambing, susu almond, maupun susu pertumbuhan.

2. Menjaga imunitas tubuh si Kecil

Kandungan protein pada susu tinggi protein serta nutrisi-nutrisi lain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta meningkatkan imunitas agar anak lebih mandiri, aktif, cekatan. Kandungan asam lemak pada susu tinggi protein mampu menjaga tubuh dari berbagai resiko penyakit yang menyerang. Maka dari itu, jika si Kecil telah cukup pemenuhan proteinnya, maka resiko anak terkena penyakit seperti stroke, jantung, dan penyumbatan arteri bisa dihindarkan.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Usia emas si Kecil menjadi pondasi kuat pada pembentukan tulang dan gigi. Kandungan susu tinggi protein di antaranya adalah protein dan tinggi kalsium yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Susu tinggi protein dan tinggi kalsium ini bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang sehingga mencegah risiko terserang rakhitis atau pengeroposan tulang pada anak.

4. Menguatkan otot

Kandungan protein pada susu tinggi protein membantu membangun kembali fungsi massa otot, karena si Kecil yang sangat aktif bergerak dapat menyebabkan berkurangnya cairan dan terfosirnya jaringan massa otot si Kecil. Sehingga penting untuk menyuplai protein supaya tubuh tetap ternutrisi dan massa otot kembali kuat.

5. Memproduksi Zat yang Diperlukan Tubuh

Kandungan protein dalam susu tinggi protein juga berfungsi sebagai penghasil hormon dan enzim. Enzim adalah suatu macam protein yang terdapat pada sel yang memiliki banyak manfaat bagi reaksi biokimia di dalam tubuh. Contohnya dalam mencerna makanan, menghancurkan racun, dan kontraksi otot.

Sementara hormon memiliki tugas untuk mengirim sinyal serta mengontrol proses biologis antara organ, jaringan, dan sel. Contoh hormon yang diproduksi oleh protein adalah insulin yang berperan dalam mengirimkan sinyal dan mengontrol proses gula yang masuk ke dalam tubuh. Kedua zat ini sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan, baik selama masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa kelak.

6. Memperbaiki Sel Otak

Asam amino yang terdapat di dalam kandungan protein dikatakan dapat memperbaiki sel otak. Artinya, manfaat protein akan membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat si Kecil sehingga berdampak positif pada proses belajar dan prestasi akademiknya di sekolah.

7. Mengontrol Nafsu Makan

Mengonsumsi susu tinggi protein akan membuat anak merasa kenyang dalam waktu yang lama sehingga ia cenderung tidak mudah merasa lapar di antara waktu makannya. Hal ini akan membantu Bunda dalam mengontrol berat badan si Kecil agar selalu seimbang dengan usia dan tinggi badannya. Si Kecil juga akan terhindar dari kebiasaan mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa menyebabkan kegemukan dan penyakit yang diakibatkan kelebihan gula dan garam.

8. Sumber energi

Kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam susu tinggi protein dapat membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang hilang setelah si Kecil aktif bergerak. Protein juga menjadi sumber energi yang digunakan si Kecil untuk aktif bergerak sepanjang hari. Tercukupinya protein membuat anak lebih aktif dan lincah bergerak sehingga terhindar dari lemas karena kekurangan energi.

Usia anak-anak merupakan usia emas bagi perkembangan tubuh dan kecerdasannya. Dalam upaya mengoptimalkan tumbuh kembangnya, asupan susu tinggi protein sangat baik untuk si Kecil. Bunda bisa menyesuaikan susu yang cocok dengan kondisi dan kebutuhan si Kecil. Susu pertumbuhan juga baik untuk tubuh si Kecil karena terkandung nutrisi yang lengkap.

Bunda bisa memberikan Susu Bendera 1Plus dengan GIZZICOMPLI yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Tersedia rasa madu yang pasti disukai anak, dengan harga yang lebih ekonomis. Tersedia dalam varian rasa madu yang disukai si Kecil.

Yuk Bu, saatnya berikan susu tinggi protein untuk si Kecil supaya tumbuh kembangnya semakin optimal. Bunda bisa memilih kemasan Susu Bendera 1Plus sesuai kebutuhan, mulai dari ukuran 150 gram, 360 gram, dan 600 gram. 

Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

7 Manfaat Vitamin D yang Penting Bagi Kesehatan Tu...

Lihat

Apa Saja Fungsi Kalsium dalam Tumbuh Kembang Anak?

Lihat

Jaga Kesehatan dengan 10 Makanan yang Mengandung P...

Lihat

4 Alasan Memberikan Susu Rendah Gula pada Si Kecil

Lihat

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk si Kecil

Lihat