Edukasi | Wednesday 15 Jun 2022

Apa Itu Nutrisi? Pahami untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Tumbuh kembang si Kecil sangat bergantung pada pemberian nutrisi yang baik loh, Bun. Gizi yang lengkap dan seimbang merupakan faktor penting bagi pertumbuhannya. Pada dasarnya, semakin besar si Kecil bertumbuh, maka akan semakin banyak pula ia membutuhkan asupan nutrisi.

Selain berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil, nutrisi yang lengkap juga memberikan kontribusi besar untuk mendukung perkembangan kognitif anak. Hal tersebut yang membuat Bunda harus memberi asupan bernutrisi di setiap makanan atau minuman agar proses tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Jika sudah membahas apa itu nutrisi, rasanya pasti sudah sering dibahas dan Bunda lihat di banyak bacaan dan informasi lainnya. Bunda di sini juga pasti setuju jika nutrisi perannya sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil selain stimulasi lainnya. Nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil bisa didapatkan olehnya melalui asupan makanan dan minuman yang mereka dapatkan setiap hari.

Jika sudah memahami apa itu nutrisi serta peran dan bagaimana pentingnya, ada baiknya Bunda juga tahu jenis-jenis nutrisi apa saja yang baik dan tepat untuk dipenuhi kebutuhannya bagi si Kecil setiap hari. Meski rasanya sudah sering dibahas apa itu nutrisi, jangan sampai lengah ya Bun. Karena permasalahan nutrisi juga masih jadi masalah nasional di Indonesia. Masih sering dibahas bagaimana stunting yang disebabkan karena kekurangan nutrisi ini terjadi pada beberapa anak-anak di Indonesia.

Untuk memenuhi asupan nutrisi, peran Bunda terbilang cukup penting. Terutama untuk mengetahui makanan dan minuman apa saja yang dibutuhkan oleh pertumbuhan si Kecil. Kira-kira nutrisi apa saja yang harus diberikan? Yuk, simak penjelasan di bawah!

Apa itu Nutrisi Protein?

Protein merupakan hal utama untuk membangun, mempertahankan, dan juga mengganti jaringan yang rusak dalam tubuh. Protein adalah salah satu jenis nutrisi yang akan bertahan 3 sampai 5 jam. Si Kecil perlu mengonsumsi protein di setiap waktu makan mereka. 

Penting untuk memenuhi kebutuhan protein si Kecil karena ada manfaat-manfaat penting seperti:

  • Membantu semua proses pertumbuhan; mulai dari kulit, rambut, sampai kuku. Protein juga memastikan oksigen diterima oleh tiap sel di dalam tubuhnya.
  • Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh atau sel yang rusak. Saat si Kecil sakit, tentu ada jaringan tubuh yang perlu diperbaiki dan protein punya peran dalam proses ini.
  • Membuat hormon, enzim, darah, sumsum tulang dan semua jenis bahan yang dibutuhkan si Kecil saat masa pertumbuhan.
  • Menjadi sumber energi tambahan disaar asupan karbohidrat dan lemak tidak cukup untuk tubuh di si Kecil. 

Protein dapat ditemukan dalam makanan atau minuman seperti telur, daging ayam, kacang-kacangan dan juga susu pertumbuhan, Susu Bendera. Komposisi Susu Bendera di tiap gelasnya memiliki 7% kandungan protein yang baik untuk si Kecil. Hal ini berfungsi bagi tubuh untuk membentuk sel di dalam tubuhnya, membantu kekebalan tubuh si Kecil, dan mengubah makanan menjadi energi. Kekurangan protein bagi anak akan menimbulkan berbagai penyakit salah satunya seperti marasmus. Kondisi ini adalah kekurangan asupan energi dan protein. Kondisi ini pula adalah salah satu jenis malnutrisi yang berbahaya. Biasanya mereka rentan mengalami infeksi akut; seperti infeksi saluran pernapasan serta infeksi kronis seperti tuberkulosis. Jika tidak ditangani dengan baik, anak yang mengalami kondisi ini juga bisa mengalami komplikasi kesehatan lainnya.

Apa itu Nutrisi Lemak?

Lemak biasanya identik dengan risiko penyakit dan dampak yang buruk untuk kesehatan. Lemak atau minyak merupakan sumber energi dan juga dibutuhkan untuk membantu metabolisme tubuh. Nyatanya lemak adalah salah satu nutrisi yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Perlu diketahui ya Bun, penting untuk memilih jenis makanan yang tepat yang mengandung lemak baik yang tentunya baik untuk perkembangan dan kesehatan si Kecil.

Berikut manfaat lemak yang baik untuk si Kecil:

  • Membantu perkembangan otak. Asam lemak omega-3 adalah yang punya tugas untuk pengoptimalan otak pada bayi dan balita. Dengan asupan omega-3 yang baik, penelitian mengatakan anak akan punya kemampuan membaca yang baik, dan risiko gejala ADHD pada anak akan berkurang.
  • Melindungi sel dan organ tubuh anak. Dengan bantalan lemak di sekitarnya, organ akan terlindungi dan tidak mudah terluka dan berada pada tempat yang sesuai.
  • Mengoptimalkan kesehatan mata; karena retina butuh asupan lemak omega-3 untuk meningkatkan kemampuan penglihatan dan menjaga kesehatan mata.
  • Membantu penyerapan vitamin A, D, E dan K dan mineral lainnya.
  • Mendorong pertumbuhan si Kecil sesuai dengan usianya dengan menjadikannya sumber energi yang lain selain dari karbohidrat dan protein.
  • Membuat si Kecil kenyang lebih lama. Dengan asupan lemak baik, kebiasaan mereka untuk makan berlebihan dapat dicegah dengan tepat.

Kandungan omega 3, omega 6, dan DHA diketahui membantu pertumbuhan kognitif anak menjadi lebih optimal dan berkenaan dengan manfaat-manfaat protein di atas. Kandungan tersebut juga dapat ditemui dalam Susu Bendera 1Plus yang juga dilengkapi dengan minyak ikan.

Apa itu Nutrisi Mineral & Vitamin?

Vitamin dan mineral juga salah satu pokok yang harus disertakan dalam menu makanan anak sehari-hari. 

Ada banyak anjuran mengenai pentingnya asupan vitamin dan mineral harian bagi si Kecil dalam masa pertumbuhannya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan namun demi perkembangan dan pertumbuhannya. Vitamin ada banyak jenis yang dibutuhkan si Kecil, biasanya adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Masing-masing punya fungsinya sendiri dan perlu diseimbangkan asupannya sesuai dengan anjuran tepatnya.

Mineral sendiri juga dibagi dalam banyak jenis. Biasanya adalah kalsium, kalium, zat besi, zinc, fosfor, yodium, selenium, magnesium, mangan, dan lain-lain.

Secara umum fungsi mineral dan vitamin untuk anak-anak adalah membantu sel-sel dan organ tubuh si Kecil agar dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Selain itu kedua nutrisi ini penting untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh si Kecil dari penyakit atau infeksi dari luar tubuhnya. Fungsi lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka; mengingat si Kecil yang masih dalam masa eksplorasi mungkin terjatuh atau terbentur, dapat dibantu penyembuhan lukanya dengan memastikan kebutuhan harian mineral dan vitamin mereka.

Jika sudah memahami apa itu nutrisi bagi perkembangan dan pertumbuhan si Kecil, wajib bagi Bunda untuk selalu memastikan asupan nutrisi yang tepat untuk mereka. Kandungan mineral dan vitamin yang disebutkan di atas bisa ditemukan dalam buah, sayur-sayuran dan juga pada Susu Bendera yang memiliki kandungan 13 vitamin dan 8 mineral. 

Dengan kandungan GIZZICOMPLI, Susu Bendera 3Plus siap bantu dukung pertumbuhan si Kecil jadi lebih optimal. Ditambah dengan komposisi protein, omega 3, omega 6, minyak ikan menjadikan Susu Bendera 3Plus sebagai minuman bergizi yang disukai si Kecil.

Yuk Bun, mulai sekarang berikan asupan terbaik untuk si Kecil. Susu Bendera 3Plus, nutrisi terbukti lengkapnya, tapi harganya juga bersahabat. Dapatkan Susu Bendera 1Plus dengan harga spesial, info lebih lengkap klik banner di bawah ini ya, Bun.

article-bottom-banner-desktop

Beli Sekarang di Official Store

Artikel

Yuk, Lakukan 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak S...

Lihat

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Anak Tidak Gam...

Lihat

8 Pola Hidup Sehat Agar Imunitas Anak Meningkat

Lihat

Cara Mendidik Anak Agar Lebih Mandiri Saat Makan

Lihat

Ini Pentingnya Membatasi Makanan Manis pada Si Kec...

Lihat